The use of English as the Medium of Instruction (EMI) in teaching natural science subject at MTs Bilingual NU Pucang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuniarti, Putri Kurnia (2019) The use of English as the Medium of Instruction (EMI) in teaching natural science subject at MTs Bilingual NU Pucang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Kurnia Yuniarti_D05213026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi guru dalam menggunakan bahasa Inggris merupakan kunci untuk keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Para guru dituntut untuk dapat menggunakan bahasa Inggris dalam menjelaskan materi khususnya untuk guru non-Inggris. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu mengenai teknik guru dan masalah guru dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantar dalam mengajar mata pelajaran IPA. Penelitian dilakukan dengan mengamati dan mewawancarai guru IPA di sekolah ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik yang digunakan guru adalah memanfaatkan pengetahuan sebelumnya dengan mengingatkan dan meninjau poin materi sebelumnya, menyediakan waktu tunggu setelah mengajukan pertanyaan dengan memberikan jeda kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan, memberikan instruksi kepada siswa untuk berdiskusi dengan menyuruh siswa untuk berdiskusi dengan temannya mengenai informasi dan materi yang relevan, menerapkan pembelajaran yang kreatif dengan membawa daun sebagai realia, mengulangi konsep-konsep penting dengan mengecek pemahaman siswa pada materi serta mengulang kata – kata baru yang telah diajarkan, dan menggunakan topik standar untuk pelajaran dengan membuat buku bersama dengan guru yang mengajar dalam mata pelajaran yang sama. Adapun hasil untuk masalah kesulitan yang dialami guru dalam penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar antara lain adalah kesulitan bahasa yang mana mecakup perihal kosa kata yang berbeda dan kata yang mempunyai arti lebih dari satu, mengenali suatu kata tertentu dalam sebuah kategori serta menganalisa teks.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuniarti, Putri Kurniaputrikurniayuniarti@gmail.comD05213026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMadjid, Hilda Izzatihilda.izzati.madjid@gmail.com201002860
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com197310131997031002
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Putri Kurnia Yuniarti
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:52
Last Modified: 07 Jan 2020 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38551

Actions (login required)

View Item View Item