Students' perception of teacher's personality in motivating students in English learning at SMP Ta'miriyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiqoh, Nur (2019) Students' perception of teacher's personality in motivating students in English learning at SMP Ta'miriyah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rofiqoh_D05215021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Guru memiliki tanggung jawab besar untuk proses pembelajaran di sekolah. Tugas seorang guru bukan hanya untuk memberikan semua pengetahuan tetapi juga mendidik siswa untuk menjadi orang yang baik. Guru yang memiliki kepribadian yang baik akan menumbuhkan motivasi belajar siswa. Banyak siswa yang bersemangat dan senang belajar karena kepribadian guru tersebut baik dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi siswa tentang kepribadian guru dalam memotivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris; dan juga mencari motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa inggris. Instrumen yang digunakan yakni: kuesioner dan wawancara. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII B di SMP Ta'miriyah Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan dalam aspek 3 aspek kepribadiam, yaitu Agreeableness yang ditunjukkan nilai (96,7%) dalam persepsi positif. Aspek kedua adalah Conscientiousness, aspek ini memiliki nilai (94,4%). Aspek terakhir adalah Openness dengan jumlah total (88,8%). Temuan terkait pertanyaan kedua, terdapat 7 siswa termotivasi dalam melakukan tugas dan 6 siswa termotivasi dalam menghadapi kesulitan. Kesimpulannya, persepsi siswa terhadap kepribadian guru yang memotivasi adalah positif dan hal ini juga membuktikan bahwa kepribadian guru dapat meningkatkan motivasi siswa dalam melakukan tugas dan menghadapi kesulitan dalam pembelajaran bahasa inggris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiqoh, Nurfieqo.nur@gmail.comD05215021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSoraya, Irmamozafyr@yahoo.com2030096901
Thesis advisorMadjid, Hilda Izzatihilda.izzati.madjid@gmail.com2010028601
Subjects: Bahasa Inggris
Kepribadian
Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Nur Rofiqoh
Date Deposited: 07 Jan 2020 06:33
Last Modified: 07 Jan 2020 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38552

Actions (login required)

View Item View Item