Profil pemahaman konsep teori Pirie dan Kieren pada penyelesaian masalah ditinjau dari pemahaman konsep Geometri di SMP Berbasis Boarding School

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur Hasanah, Iva (2019) Profil pemahaman konsep teori Pirie dan Kieren pada penyelesaian masalah ditinjau dari pemahaman konsep Geometri di SMP Berbasis Boarding School. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Iva Nur Hasanah_D04213015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep geometri adalah kemampuan untuk menangkap pengertian-pengertian seperti mampu mengetahui apa yang diajarkan, memberikan penjelasan yang lebih rinci dengan kalimat sendiri, menyatakan ulang suatu konsep, mengklarifikasikan suatu objek dan mengungkapkan suatu materi yang disajikan kedalam bentuk yang lebih mudah dipahami (menggunakan bahasanya sendiri). Teori Pirie dan Kieren mengklasifikasikan delapan lapisan pemahaman matematika, diantaranya primitive knowing, image making, image having, property noticing, formalizing, observing, structuring, dan inventizing. Sedangkan Boarding school sendiri adalah sekolah berasrama adalah lembaga pendidikan yang mana siswanya belajar dan tinggal bersama selama kegiatan pembelajaran. Tujun dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil pemahaman konsep geometri siswa pada pembelajaran matematika ditinjau dari teori Pirie dan Kieren di SMP berbasis boarding school. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil 6 siswa kelas VIII putri MTs Unggulan Amanatul Ummah Sidoarjo, yang terdiri dari 2 siswa dengan pemahaman konsep geometri tingkat tinggi, 2 siswa dengan pemahaman konsep geometri tingkat sedang, dan 2 siswa dengan pemahaman konsep geometri tingkat rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep, tes pemahaman konsep ditinjau dari teori Pirie dan Kieren, serta wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memiliki pemahaman konsep geometri tingkat tinggi dapat mencapai kedelapan indikator level perkembangan pemahaman teori Pirie dan Kieren dengan cukup baik serta mengalami dua bentuk intervensi yaitu provokatif dan invokatif, selanjutnya subjek yang memiliki pemahaman konsep geometri tingkat sedang dapat mencapai hingga level ketujuh saja yaitu structuring dan hanya mengalami satu bentuk intervensi yaitu provokatif, sedangkan subjek yang memiliki pemahaman konsep geometri tingkat rendah hanya dapat mencapai level kesatu saja yaitu primitive knowing dan hanya mengalami satu bentuk intervensi yaitu invokatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur Hasanah, Ivaivanurhasanah85@gmail.comD04213015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrasetyo Kurniawan, AgusUNSPECIFIED198308212011011009
Thesis advisorLailiyah, SitiUNSPECIFIED198409282009122007
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Pemahaman Konsep; Geometri; Teori Pirie dan Kieren; Boarding School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iva Nur Hasanah
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:17
Last Modified: 07 Jan 2020 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38582

Available Versions of this Item

  • Profil pemahaman konsep teori Pirie dan Kieren pada penyelesaian masalah ditinjau dari pemahaman konsep Geometri di SMP Berbasis Boarding School. (deposited 07 Jan 2020 03:17) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item