Peningkatan pemahaman materi hak dan kewajiban pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 2 melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Auditory, Intellectuallsy and Repetition siswa kelas III-B MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septiani, Anik (2019) Peningkatan pemahaman materi hak dan kewajiban pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 2 melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Auditory, Intellectuallsy and Repetition siswa kelas III-B MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anik Septiani_D97216046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa kelas III-B MIN 2 Sidoarjo pada materi Hak dan Kewajiban Tema 4 Sub tema 1 Pembelajaran 2. Berdasarkan hasil prasiklus dapat diketahui dari 30 siswa hanya 16 siswa yang tuntas KKM. Presentase ketuntasan hanya 53,3 % dengan rata-rata 75,4. Tujuan dalam Penelitian ini yaitu: (1)Untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Auditory, Intelectually and Repetition pada materi hak dan kewajiban tema 4 sub tema 2 pembelajaran 1. (2)Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa materi Hak dan Kewajiban melalui model kooperatif tipe Auditory, Intelectually and Repetition siswa kelas III-B MIN 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-B MIN 2 Sidoarjo dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1)Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe auditory, intellectually and Repetition pada materi Hak dan Kewajiban Tema 4 Sub tema 1 Pembelajaran 2 pada siswa kelas III-B MIN 2 Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 80,4 % (Baik) pada siklus II menjadi 91,7 % (Sangat Baik). Begitu juga pada aktivitas siswa pada siklus I aktivitas siswa mendapatkan skor sebesar 78.4 % (Cukup). dan pada siklus II mendpaat skor sebesar 90 % (Sangat Baik). 2) Peningkatan pemahaman materi Hak dan Kewajiban Tema 4 Sub tema 1 Pembelajaran 2 setelah diterapkannya model kooperatif tipe auditory, intellectually and Repetition dapat dilihat dari hasil persentase nilai tes pemahaman siswa pada pra siklus yaitu 53.3 % (Sangat kurang), siklus I yaitu76.7% (Cukup), dan siklus II sebesar 90% (Sangat Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septiani, Anikanikseptiani07@gmail.comD97216046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahri Musthofa, MuhammadUNSPECIFIED197307222005011005
Thesis advisorTaufik, TaufikUNSPECIFIED197302022007011040
Subjects: Kewarganegaraan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan > Pembelajaran
Hak Asasi Manusia
Keywords: Pemahaman; Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR; Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Septiani Anik
Date Deposited: 07 Jan 2020 06:19
Last Modified: 07 Jan 2020 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38597

Actions (login required)

View Item View Item