Students' self-regulated learning process in thesis writing at English Language Education Department of UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfudhoh, Roudlotul (2019) Students' self-regulated learning process in thesis writing at English Language Education Department of UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Roudlotul Mahfudhoh_D95214119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap siswa harus memiliki tanggungjawab mereka sendiri dalam pembelajaran, terutama dalam penulisan skripsi. Ketika menulis skripsi, mereka perlu mengontrol dan mengatur diri mereka sendiri agar dapat mencapai tujuan mereka dan menjadi pembelajar yang berhasil. Skripsi ini meneliti tentang proses kemandirian belajar pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya yang sedang dalam proses penulisan skripsi dan mahasiswa yang baru saja lulus pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Kuesioner disebarkan melalui survei online menggunakan google form. Kuesioner terdiri dari 28 pertanyaan tertutup dan 2 pertanyaan terbuka yang berhubungan dengan proses kemandirian belajar mahasiswa dalam penulisan skripsi. Data dari kuesioner dianalisis menggunakan aplikasi SPSS melalui analisis deskriptif statistik. Hasil menunjukkan bahwa ada 10 proses yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa. Proses tersebut antara lain mencari informasi di beberapa sumber untuk mempersiapkan menulis skripsi, mencoba dengan keras untuk memahami lebih dalam isi dari skripsi, mendapatkan pujian dari orang lain berkat pencapaian atau hasil yang telah diraih dalam menulis skripsi, menentukan tujuan penulisan skripsi sebelum memulainya, mempelajari banyak hal baru ketika menulis skripsi, menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi, membuat catatan untuk mengorganisir pemikiran dan ide, mengembangkan kemampuan menulis melalui kesalahan yang telah dilakukan ketika menulis skripsi, membuat rencana tentang apa yang akan ditulis didalam skripsi, dan yang terakhir melakukan yang terbaik dalam menulis skripsi untuk menunjukkan kemampuan kepada orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfudhoh, Roudlotulmahfudhohroudlotul@gmail.comD95214119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriah, Fitriahfitriahasad@yahoo.com19761004120092001
Thesis advisorAsmiyah, Sitisiti.asmiyah@uinsby.ac.id197704142006042003
Subjects: Menulis
Pendidikan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Keywords: Pendidikan; Bahasa Inggris; Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Roudlotul Mahfudhoh
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:08
Last Modified: 07 Jan 2020 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38608

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item