Analisis Sektor Unggulan Dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Kabuaten Mojokerto Tahun 2010-2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmnto, Bayu (2019) Analisis Sektor Unggulan Dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Kabuaten Mojokerto Tahun 2010-2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Bayu Firmanto_G71215037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan pembangunan daerah sangat ditentukan oleh kebijakan yang dibuat oleh pemerintah daerah dalam proses pembangunan. Biasanya kebijakan yang diambil oleh pemerintah menitik beratkan pada upaya memaksimalkan pertumbuhan daerah guna memunculkan jenis-jenis lapangan pekerjaan baru dan beragam secara efisien.. Oleh karena itu dengan penelitian ini bertujuan untuk mencari sektor unggulan apa saja yang dimiliki oleh Kabupaten Mojokerto sehingga pemerintah dapat menfokuskan arah pengambilan kebijakan.Dalam penelitian ini metodologi yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunkan dalam penelitain ini merupakan data sekunder yaitu berasal dari data PDRB Provinsi dan Kabupaten. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis sektor-sektor apa yang menjadi sektor unggulan di Kabupaten Mojokerto dan sektor apa yang mempunyai daya saing dalam perekonomian dalam menunjang pertumbuhan wilayah. Metode yang digunakan dalam penentuan sektor unggulan yaitu Analisis Location Quotient (LQ) dan Shift Share . Dari hasil analisis Location Quotient (LQ) yang telah dilakukan Berdasarkan dari hasil perhitungan Analisis Location Quotients (LQ) hanya terdapat tiga sektor unggulan saja di Kabupaten Mojokerto, sektor tersebut yaitu, Sektor Industri Pengolahan, Sektor Informasi dan Komunikasi, dan yang terahir adalah Sektor Administrasi Pemerintah, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib. Sedangkan dari hasil perhitungan Analisis Shift Share (SS) menunjukkan bahwa beberapa sektor di Kabupaten Mojokerto mempunyai pertumbuhan ekonomi yang relative cepat jika dibandingkan dengan sektor yang sama di tingkat Provinsi atau mempunyai keunggulan kompetitif, sektor tersebut yakni, Sektor Kontruksi, Sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor, Sektor Transportasi dan Pergudangan, Sektor Penyedia Akomdasi dan Makan Minum, Sektor Jasa Keuangan dan Asuransi, Sektor Jasa Perusahaan, Sektor Jasa Pendidikan, Sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial.Dari hasil penelitian ini diharapkan Pemerintah daerah hendaknya memprioritaskan program pembangunannya untuk lebih mengembangkan sektor basis yang ada di Kabupaten Mojokerto sehingga dapat mempunyai tingkat pertumbuhan yang cepat dan mempunyai daya saing yang lebih tinggi tanpa mengecualikan pembangunan sektor lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmnto, Bayubayu.laili@gmail.comG71215034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorlailah, nurlaila.nurlailah@gmail.com196205222000032001
Subjects: Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Firmanto Muhammad Bayu
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:30
Last Modified: 07 Jan 2020 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38614

Actions (login required)

View Item View Item