Penerapan Pembelajaran Matematika Model Giving Question and Getting Answer (GQGA)Untuk Melatih Berpikir Kritis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktavia, Dewi (2019) Penerapan Pembelajaran Matematika Model Giving Question and Getting Answer (GQGA)Untuk Melatih Berpikir Kritis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Oktavia_D04213005.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
GQGA merupakan model pembelajaran yang dapat menciptakan pembelajaran aktif dan mengharuskan siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh temannya sehingga dapat melibatkan partisipasi siswa secara aktif dari awal proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan berpikir kritis merupakan kemampuan dalam menganalisis informasi dari hasil pengamatan maupun penalaran sehingga memberikan kesimpulan yang rasional dan benar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa saat proses pembelajaran berlangsung, kemampuan berpikir kritis siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran GQGA.Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-B SMP YPP Nurul Huda Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa,lembar tes tulis untuk melatih berpikir kritis siswa, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Kemampuan guru mengelola pembelajaran GQGA memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,26 termasuk dalam kategori baik; (2)Aktivitas siswa dikatakan positif karena persentase siswa aktif sebesar 84,4%; (3)Respon siswa memperoleh persentase sebesar 84% termasuk kategori sangat positif; (4)Ketuntasan klasikal kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh persentase sebesar 82,6% dan termasuk dalam tingkat kemampuan sangat tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktavia, Dewiviadewi10@gmail.comD04213005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning WidaUNSPECIFIED198012072008012010
Thesis advisorKurniawan, Agus PrasetyoUNSPECIFIED198308212011011009
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Penerapan; model GQGA; kemampuan berpikir kritis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email viadewi10@gmail.com
Date Deposited: 07 Jan 2020 07:19
Last Modified: 07 Jan 2020 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38617

Actions (login required)

View Item View Item