Peningkatan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli melalui permainan kucing-kucingan siswa kelas V-A MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sucifirawati, Sucifirawati (2019) Peningkatan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli melalui permainan kucing-kucingan siswa kelas V-A MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sucifirawati_D97216085.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas VA MI Badrussalam Surabaya. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru PJOK kelas VA MI Badrussalam Surabaya, yang menjadi penyebab rendahnya keterampilan passing bawah siswa karena pembelajaran yang monoton dan kurang mempunyai daya tarik siswa sehingga siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat di buktikan dengan nilai pra siklus, dari 33 siswa hanya 6 siswa yang mampu melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah di tentukan yaitu 80. Lingkup masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Penerapan metode permainan kucing-kucingan pada materi teknik passing bawah dalam bola voli. 2) Peningkatan keterampilan passing bawah melalui metode permainan kucing-kucingan pada siswa kelas V-A MI Badrussalam Surabaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin dan terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA MI Badrussalam Surabaya, dengan jumlah siswa 33 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian melalui wawancara, observasi, penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Penerapan permainan kucing-kucingan pada materi teknik passing bawah dalam permainan bola voli telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari penigkatan nilai aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I nilai observasi aktivitas guru hanya 83,3 dan pada siklus II mampu mencapai nilai 91. Sedangkan nilai observasi aktivitas siswa, pada siklus I hanya 86,25 dan pada siklus II mampu mecapai nilai 92,8. 2) Peningkatan keterampilan passing bawah dalam bola voli melalui permainan kucing-kucingan telah mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dan persentase keberhasilan keterampilan siswa. Jika pada siklus I nilai rata-rata kelas hanya 73,9 pada siklus II nilai rata-rata kelas mampu mencapai 82,8. Selain itu persentase ketuntasan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli pada siklus I hanya mancapai 54,5% sedangkan pada penelitian siklus II mencapai 81,8%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sucifirawati, Sucifirawatifirawatisuci@gmail.comD97216085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudin-197702202005011003
Thesis advisorTaufik, Taufik-197302022007011040
Subjects: Olah Raga
Keywords: Keterampilan Passing Bawah; Bola Voli; Permainan Kucing-kucingan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sucifirawati Sucifirawati
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:58
Last Modified: 07 Jan 2020 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38618

Actions (login required)

View Item View Item