Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model accelerated learning dengan strategi firing line untuk melatihkan disposisi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulianingrum, Cindy Amelia (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model accelerated learning dengan strategi firing line untuk melatihkan disposisi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cindy Amelia Ningrum_D74215035.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, keefektifan dan kepraktisan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning dengan strategi Firing Line yang digunakan untuk melatihkan disposisi matematis peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap meliputi tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan dan tahap evaluasi. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII H dengan jumlah 25 peserta didik, fokus penelitian ini 12 peserta didik yang berasal dari 3 kelompok berbeda yang dilakukan pada tanggal 22 s.d. 23 Agustus 2019 di MTs Negeri 1 Kota Surabaya. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar catatan lapangan, lembar validasi, lembar angket dan lembar observasi. Data yang diperoleh akan menghasilkan data proses pengembangan, data kevalidan, data kepraktisan, dan data keefektifan perangkat pembelajaran serta data disposisi matematis peserta didik. Data yang telah diperoleh kemudian dilakukan analisis sebagai berikut: Kevalidan perangkat pembelajaran mendapatkan kategori valid dengan rata-rata sebesar 4,30 pada RPP dan mendapatkan kategori valid dengan rata-rata sebesar 4,31 pada LKPD. Kepraktisan perangkat pembelajaran dikatakan praktis sesuai dengan teori dengan rata-rata penilaian B untuk RPP dan LKPD. Kepraktisan perangkat pembelajaran juga dikatakan praktis secara praktek karena angket respon peserta didik memperoleh kategori positif dengan rata-rata sebesar 71% terhadap RPP dan LKPD. Keefektifan perangkat pembelajaran juga dinyatakan efektif, karena aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dikategorikan aktif dengan rata-rata sebesar 89,58% pada pertemuan pertama sedangkan pada pertemuan kedua memperoleh persentase sebesar 93,5% dan keterlaksanaan sintaks memperoleh rata-rata sebesar 80% pada pertemuan pertama dan rata-rata sebesar 84,71% pada pertemuan kedua. Disposisi matematis peserta didik mayoritas memiliki disposisi matematis yang cukup baik. Oleh karena itu disposisi matematis masih perlu dilatihkan untuk menjadikan peserta didik memiliki disposisi yang baik maupun sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulianingrum, Cindy Ameliacindy.amelia0407@gmail.comD74215035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Model Accelerated Learning; Disposisi Matematis; Strategi Firing Line
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: CINDY AMELIA YULIANINGRUM
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:36
Last Modified: 10 Dec 2021 10:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38623

Actions (login required)

View Item View Item