Pengembangan perangkat pembelajaran model learning cycle 7e untuk meningkatkan kemampuan metakognisi matematis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitrotushoimah, Lailul (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran model learning cycle 7e untuk meningkatkan kemampuan metakognisi matematis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailul Fitrotushoimah_D04215013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran model Learning Cycle 7E
bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, keefektifan, kepraktisan, dan tingkat kemampuan metakognisi matematis peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran yang telah dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan lembar tes kemampuan metakognisi. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap meliputi tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap penerapan (implementation) dan tahap penilaian (evaluation). Perangkat pembelajaran diuji cobakan pada 34 peserta didik kelas VIII-F MTs Negeri 1 Kota Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar catatan lapangan (field note), lembar validasi, lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes kemampuan metakognisi. Hasil penelitian dikatakan “valid” dengan perolehan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 3,90; LKPD sebesar 3,83; dan lembar tes kemampuan metakognisi sebesar 3,93. Masing-masing perangkat dikatakan “praktis” dengan perolehan rata-rata penilaian RPP dan LKPD yaitu B dan rata-rata penilaian lembar tes kemampuan metakognisi yaitu A. Sedangkan perangkat dikatakan “efekif” berdasarkan aktivitas aktif peserta didik selama kegiatan pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93,47% pada pertemuan pertama dan 95,74% pada pertemuan kedua, keterlaksanaan sintaks pembelajaran memperoleh persentase sebesar 89,84% pada pertemuan pertama dan 93,18% pada pertemuan kedua, respon peserta didik terhadap pembelajaran dikategorikan positif dengan persentase sebesar 71,82%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitrotushoimah, LailulFitrotushoimahlailul@gmail.comD04215013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, MaunahUNSPECIFIED197411042008012008
Thesis advisorKurniawan, Agus PrasetyoUNSPECIFIED198308212011011009
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Learning Cycle 7e; Metakognisi; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lailul Fitrotushoimah
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:45
Last Modified: 07 Jan 2020 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38631

Actions (login required)

View Item View Item