Financial technology (fintech) berbasis sistem peer to peer lending (P2PL) dalam perspektif hifdzu mal: studi kasus perusahaan Investree

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zustika, Anisa Fadilah (2019) Financial technology (fintech) berbasis sistem peer to peer lending (P2PL) dalam perspektif hifdzu mal: studi kasus perusahaan Investree. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisa Fadilah Zustika_G94216152.pdf

Download (15MB)

Abstract

Metode yang dipakai pada studi ini adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian diambil dari data website resmi Investree dan wawancara mendalam dengan pihak yang terkait yaitu pelaku fintech, pengguna Investree dan beberapa akademisi, serta didukung dengan literatur yang relevan terhadap permasalahan yang diteliti. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa fintech berbasis sistem P2PL merupakan transaksi pinjaman online yang selaras dengan teori hifdzu mal dan berkaitan dengan maqashid ammah (ketentuan umum) yaitu dalam upaya perlindungan harta. Selain itu transaksi juga sesuai dengan poin yang terdapat dalam maqashid ammah yaitu setiap kesepakan harus jelas, setiap kesepakatan harus adil, komitmen dengan kesepakatan, melindungi kepemilikan, ketentuan akad – akad syariah, harta harus terdistribusi, kewajiban bekerja dan memproduksi, investasi harta, investasi dengan akad Mudharabah, keseimbangan antara keuntungan dan resiko. Semua poin hampir terpenuhi dalam kegiatan transaksi ini namun ada 1 poin yang tidak terpenuhi yaitu investasi dengan akad Mudharabah karena transaksi menggunakan akad Al – Qard dan akad Wakalah Bil Ujroh. Dalam Investree belum terdapat Dewan Pengawas Syariah (DPS) namun terdapat 2 Technichal Advisor Sharia Business yang bertugas memberikan masukan dan membantu Investree syariah dalam menjalankan bisnis yang sesuia dengan prinsip syariah. Dari hasil penelitian diharapkan pihak Investree dapat mempertahankan prinsip – prinsip syariah dan dapat menjalankan lebih baik lagi kedepannya. Dengan harapan agar setiap orang dapat bertransaksi sesuai dengan prinsip syariah khususnya dalam upaya perlindungan harta. Serta perlu adanya DPS untuk mengawasi prinsip syariah dalam kegiatan transaksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zustika, Anisa Fadilahanisafadilah4@gmail.comG94216152
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsby.ac.id20160331
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: Financial Technology (fintech); Peer To Peer Lending (P2PL); Hifdzu Mal; Investree.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anisa Fadilah Zustika
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:53
Last Modified: 08 Jan 2020 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38637

Actions (login required)

View Item View Item