Peningkatan kognitif anak dalam mengenal konsep geometri menggunakan media matching board kelompok B Play Group-Roudhotul Athfal Asasul Huda Kepuh-Kemiri Tulangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnamasari,, Ika Citra (2019) Peningkatan kognitif anak dalam mengenal konsep geometri menggunakan media matching board kelompok B Play Group-Roudhotul Athfal Asasul Huda Kepuh-Kemiri Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Ika Citra Purnamasari_D98215026.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep geometri masih kurang. Hal tersebut dikarenakan guru kurang menggunakan media pembelajaran pada saat kegiatan mengajar dan guru hanya mengacu pada LKS sehingga pembelajaran kurang maksimal dan monoton. Oleh karena itu peneliti mengunakan media Matching Board agar dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep geometri. Rumusan masalah pada penelitian ini, 1) Bagaimana Penerapan media matching board untuk peningkatkan kognitif anak dalam konsep geometri menggunakan media matching board kelompok B di PG-RA Asasul Huda Kepuh Kemiri-Tulangan Sidoarjo? 2) Bagaimana peningatan kognitif anak dalam konsep geometri menggunakan media matching board kelompok B di PG-RA Asasul Huda Kepuh Kemiri-Tulangan Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Mc taggart. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, penilaian unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantiatif prosentase. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Penerapan media Matching Board untuk meningkatkan kognitif anak dalam mengenal konsep geometri di kelompok B terbukti berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai akhir dari penerapan media Matching Board sebanyak 86,6%. Nilai tersebut masuk pada kriteria(sangat baik). 2. Terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan kognitif dalam mengenal konsep geometri menggunaka media Matching Board. Hal ini dapat dilihat dari data yang diperoleh pada pra silus sebanyak 26,6 %(belum tuntas), siklus I sebanyak 73,4%(cukup tuntas), dan pada siklus II sebanyak 86, 6% (sangat baik) sehingga memenuhi indikator yang sudah diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnamasari,, Ika CitraIkacitra980@gmail.comD98215026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, YahyaUNSPECIFIED197208291999031003
Thesis advisorMas'ud, SulthonUNSPECIFIED197309102007011017
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Media
Keywords: Kemampuan Kognitif; Konsep Geometri; Media Matching Board
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: IKA CITRA PURNAMASARI
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:38
Last Modified: 07 Jan 2020 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38678

Actions (login required)

View Item View Item