Status keimanan Abu Thalib: tela'ah hadis dalam kitab Sahih Ibnu Hibban no. indeks 982

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Albaar, Abdullah (2020) Status keimanan Abu Thalib: tela'ah hadis dalam kitab Sahih Ibnu Hibban no. indeks 982. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdullah Albaar_E95216026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam kajian keislaman, sebagian kaum muslim diberikan sebuah ‎fakta bahwa Abu Thalib bin Abdul Muttalib, paman Nabi, ‎adalah seorang yang musyrik atau kafir. padahal dalam beberapa ‎data yang ada menyebutkan bahwa Abu Thalib wafat dalam ‎keadaan tidak mengucapkan dua kalimat syahadat. Hal inilah ‎yang menimbulkan perbedaan pendapat apakah Abu Thalib ‎adalah seorang mukmin atau bukan. Dalam sebuah hadis yang ‎diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam kitab ṣaḥīḥnya ‎menyebutkan bahwa Abu Thalib wafat dalam keadaan ia ‎berpegang teguh pada millah Abdul Muttalib tetapi tidak ‎terdapat penjelasan yang jelas terkait apa yang dimaksud dengan ‎millah Abdul Muttalib tersebut. Hal inilah yang perlu untuk ‎diteliti agar didapatkan kepastian tentang millah Abdul Muttalib ‎yang dimaksud dalam hadis tersebut. Selain itu hal lainnya yang ‎perlu diteliti adalah bagaimana status keimanan Abu Thalib yang ‎tidak mengikrarkan keislamannya secara dhohir tetapi dalam ‎hatinya ia telah meyakini kebenaran Rasulullah dan ajaran yang ‎dibawa olehnya. Dengan menggunakan model penelitian ‎Kualitatis yang menggunakan sumber-sumber data kepustakaan ‎dan bersifat deskriptif, penelitian ini akan menguraikan ‎keṣaḥīḥan hadis yang terdapat dalam kitab Ṣaḥīḥ Ibnu Hibban ‎beserta makna millah Abdul Muttalib yang mengikuti ajaran ‎tauhid dan penjelasan bahwa Abu Thalib adalah seorang ‎mukmin.‎

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Albaar, Abdullahabd.elbaar009@gmail.comE95216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Muhidmuhid@uinsby.ac.id2002106301
Thesis advisorHasan, Muzayyanah Mutashimmuzayyanah.IAIN@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Iman Kepada Allah
Hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Abdullah Albaar
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:26
Last Modified: 11 Feb 2020 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38697

Actions (login required)

View Item View Item