Larangan Oligraki Ekonomi dalam Alquran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Martino Eko Jayana (2019) Larangan Oligraki Ekonomi dalam Alquran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Martino Eko Jayana Putra_E93215071.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bagi umat manusia, Alquran adalah pedoman dan rujukan hukum untuk setiap perbuatan manusia di bumi ini. oligarki ekonomi adalah system pemerintahan yang di mana kekuasaan dan perekonomiannya terkonsentrasi pada segelintir orang saja. Ia merupakan system yang menindas manusia yang lemah dan tidak peduli pada nasib mereka. Dalam Islam, system tersebut dilarang dan haram hukumnya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana ayat-ayat Alquran menjelaskan tentang oligarki ekonomi? 2). Bagaimana penafsiran mufasir dan tawaran solutif dari para tokoh Islam modern atas permasalahan oligarki ekonomi? Dalam penelitian ini menggunakan tafsir maudhu’i (tematik), yaitu metode yang digunakan oleh mufasir dalam menafsirkan Alquran dengan mengumpulkan ayat-ayat suatu surat yang pembahasannya dibatasi oleh tema tertentu. Kemudian ayat-ayat tersebut dijelaskan mengenai asbab al-nuzul. Kemudian membagi ayat-ayat itu ke dalam umum (amm) atau khusus (khas), mutlaq atau muqayyad. Menjelaskan makna dan tujuannya, mengkaji terhadap seluruh segi apa yang dapat diistimbatkan darinya, segi I’rab-nya, unsur balaghah-nya, segi I’jaz-nya, dll. Di akhirnya, diberi kesimpulan dari pendapat beberapa mufasir. Kesimpulan dari skripsi ini adalah bahwa system oligarki ekonomi sangat menyengsarakan masyarakat dan hal itu sangat dilarang oleh Islam dan Alquran. setiap pelaku oligarki memiliki sifat tamak, kikir, sombong, menumpuk harta, predator ke semua, sifat itu di dalam Alquran adalah sifat dasar manusia yang buruk. Berbagai konteks mengenai sistem oligarki ekonomi yang ditampakkan pada era ini, contohnya yang terkenal pada orde baru yang pemerintahannya dipimpin oleh Soeharto. Dan kemudian seterusnya diperlihatkan pada skandal batu bara oleh para petinggi di Indonesia. Namun tenang saja ada tawaran solusi dari beberapa cerita nabi dan tokoh-tokoh revolusioner Islam modern, solusinya yaitu, berdikari, pengolahan sistem secara adil, ketakwaan kepada Allah SWt, revolusi mental, dan reformasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Martino Eko Jayanamartinjayana3@gmail.comE93215071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com2017047802
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047606
Subjects: Ekonomi
Al Qur'an
Keywords: Oligarki; ekonomi; Alquran.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Martino Eko Jayana Putra
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:13
Last Modified: 08 Jan 2020 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38729

Actions (login required)

View Item View Item