Strategi Kepala Sekolah dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Hikmah Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmat, Rahmat (2019) Strategi Kepala Sekolah dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Hikmah Bangkalan. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmat_D03215028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagaimana yang termaktub dalam UUD 1945 nengamanatkan pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan sistem pendidikan yang dapat meningkatakan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki akhlak yang mulia dalam rangka mencerdaskan anak bangsa. Hal ini, dapat diartikan bahwa pendidikan nasional men-ginginkan pendidikan dapat mencetak generasi yang memiliki kecerdasan dan intelektual disertai dengan perilaku yang baik sesuai ndengan tuntunan nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan sebagaimana yang termuat dalam falsafah Negara yaitu, pancasila. kondisi masyarakat di masa yang datang merupakan cerminan dari pendidikan saat ini. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan merupakan unsur yang sangat penting dalam dunia pendidikan sebagai barometer maju tidaknya sebuah bangsa. Untuk dapat menanamkan kedua nilai tersebut, agar tumbuh dan berakar dalam setiap jiwa peserta didik maka, harus memiliki strategi dan anilisa yang mendalam sehingga, visi-misi di atas dapat terwujudkan dan ini menjadi tugas para pelaku pendidikan terutama oleh kepala sekolah sebagai pemimpin dalam sebuah lembaga atau sekolah. Seorang kepala sekola harus memilki kemampuan yang memumpuni untuk menyusun strategi dan mampu menganalisa situasi dan kondisi, supaya setiap kegiatan yang disusunnya sesuai dengan kebutuhan zaman dan masyarakat. Apabila kepala sekolah tidak memiliki karakteristik sebagai kepala sekolah maka, akan mengalami kesulitan dalam menyusun strategi untuk dapat menanamkan kedua nilai di atas, oleh sebab itu, kemampuan kepala sekolah dalam menyusun strategi sangat mendukung demi dapat mewujudkan visi-misi sekolah atau penanaman nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan sebagai misi-misi pendidikan nasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmat, Rahmatrahmatalfaqir982@gmail.comD03215028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Kepala Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Rahmat Rosidah
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:57
Last Modified: 08 Jan 2020 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38780

Actions (login required)

View Item View Item