Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 15 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murtasida, Wahyuni (2019) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 15 Surabaya. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Wahyuni Murtasida D93215087.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 15 Surabaya. Hal tersebut dilatar belakangi oleh Minat baca dimasyarakat sekarang ini bisa dikatakan masih rendah, untuk itu perlu adanya peningkatan minat baca karena melalui budaya membaca, mutu pendidikan dapat ditingkatkan sehingga kualitas sumber daya manusia pun juga akan meningkat lebih baik dan berkualitas. Dalam hal ini, peneliti mengambil objek penelitian di SD Muhammadiyah 15 Surabaya melalui banyak pertimbangan. Dalam menjalankan program meningkatkan minat baca, kepala sekolah bersama kepala perpustakaan dan guru, membuat beberapa program-program yang dapat memotivasi siswa sehingga terbiasa membaca buku. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui peran kepala sekolah di SD Muhammadiyah 15 Surabaya, Mengetahui minat baca siswa di SD Muhammadiyah 15 Surabaya, Mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala perpustakaan, guru pendamping dan siswa SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Obyek penelitian ini adalah peran kepala sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah di SD Muhammadiyah 15 Surabaya adalah mampu mempengaruhi dan membimbing seluruh anggota yang ada dibawahnya, serta bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai pemimpin disekolah. Selain itu kepala sekolah mempunyai tugas dan tanggung jawab yaitu sebagai educator, manajer, administrator, leader, supervisor, innovator, serta motivator. (2) SD Muhammadiyah 15 Surabaya mempunyai berbagai macam cara untuk menumbuhkan rasa senang terhadap membaca. Pertama, menyediakan pojok baca, dan juga mendisplay buku setiap semester atau setiap 6 bulan sekali. Kedua, dengan memberikan motivasi dan menumbuhkan kesadaran kepada setiap anak terhadap pentingnya membaca. Ketiga, menanamkan kebiasaan membaca dengan membuat program literasi dengan membaca buku 10-15 menit setelah berdoa dan sebelum pelajaran dimulai. (3) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Muhammadiyah 15 Surabaya ditunjukkan dengan kebijakan kepala sekolah membuat program basic literasi study, karena kebiasaan membaca siswa atau siswi yang diterapkan setiap pagi sebelum memulai pembelajaran sekolah. Selain itu seluruh guru juga mendukung program tersebut dan menjalankannya tanpa mengganggu proses pembelajaran yang sudah direncanakan di Rencana Perangkat Pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murtasida, Wahyuniwahyuni.murtasida29@gmail.comD93215087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, ImamUNSPECIFIED2012085201
Thesis advisorFitriatin, NurUNSPECIFIED2012016701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: peran kepala sekolah; minat baca siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wahyuni Murtasida
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:15
Last Modified: 08 Jan 2020 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38784

Actions (login required)

View Item View Item