Pengaruh manajemen layanan Pendidikan Nonformal (PNF)terhadap kepuasan pelanggan di Bimbingan dan Motivasi Belajar (BMB) Air-Langga Wates Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Varelasiwi, Retno Shiama (2019) Pengaruh manajemen layanan Pendidikan Nonformal (PNF)terhadap kepuasan pelanggan di Bimbingan dan Motivasi Belajar (BMB) Air-Langga Wates Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Retno Shiama Varelasiwi_D93215053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul Pengaruh Manajemen Pelayanan Pendidikan Nonformal (PNF) terhadap Kepuasan Pelanggan di Bimbingan dan Motivasi Belajar (BMB) Air-Langga Wates Kediri. Pengambilan judul tersebut dilatarbelakangi oleh daya saing pendidikan nonformal terlebih didalam lembaga bimbingan belajar sehingga peneliti mengambil objek yang memiliki keunggulan pelayanan dibanding lembaga lain. Bimbingan dan Motivasi Belajar (BMB) Air-Langga Wates Kediri menjadi objek dalam penelitian ini dengan berbagai pertimbangan terutama terhadap pelayanan pokok dan pelayanan bantu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen layanan pendidikan nonformal di BMB Air-Langga Wates-Kediri, kepuasan pelanggan di di BMB Air-Langga Wates-Kediri, dan pengaruh manajemen layanan pendidikan nonformal terhadap kepuasan pelanggan di di BMB Air-Langga Wates-Kediri. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode kuantitatif yang menggunakan kuesioner dan dokumentasi untuk melengkapi hasil penelitian. Responden dalam peneilitian ini berjumlah 40 responden yang merupakan pupolasi dari jenjang SMA di lembaga bimbingan dan motivasi belajar Air-langga. Terdapat dua variabel yaitu manajemen layanan pendidikan sebagai variabel X dan kepuasan pelanggan sebagai variabel Y. untuk menganalisis data menggunakan SPSS versi 16 dan product moment dengan hasil (1) manajemen layanan pendidikan di BMB Air-Langga Wates-Kediri tergolong baik dengan interpretasi skor 101,43 (2) manajemen pelayanan tergolong baik pada r interpretasi skor 80.05. (3) dan hasil dari korelasi product moment diketahui hasil dari signifikannya ialah 0,000 < 0,005 dan r-hitung 0,664> 0,312 (r-tabel). Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa manajemen layanan pendidikan terhadap kepuasan pelanggan memiliki nilai positif dan searah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Varelasiwi, Retno Shiamareshiama18@gmail.comD93215053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubty, Taufiqtaufiq_subty@yahoo.com2004065501
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen Layanan; Kepuasan Peanggan; BMB Air-Langga Wates Kediri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Retno Shiama Varelasiwi
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:49
Last Modified: 08 Jan 2020 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38797

Actions (login required)

View Item View Item