Pemberdayaan perempuan desa melalui Sekolah Perempuan di Desa Mondoluku Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dita, Kristiyanti (2019) Pemberdayaan perempuan desa melalui Sekolah Perempuan di Desa Mondoluku Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Kristiyanti_I73216039.pdf

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yaitu, bagaimana proses pemberdayaan melalui sekolah perempuan dan bagaimana hasil/dampak serta efek positif yang diperoleh kaum perempuan desa mondoluku dari sekolah perempuan. Teori yang digunakan untuk melihat fenomena dan mengkajinya pemberdayaan perempuan desa pada sekolah perempuan di Desa Mondoluku adalah teori Feminisme Liberal Naomi Wolf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui Wawancara, Observari, dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa : (1) proses pemberdayaan oleh LSM KPS2K melalui sekolah perempuan di Desa Mondoluku ini dengan penyadaran kritis kepada kaum perempuan miskin desa, karena mereka belum menyadari akan hak-hak yang seharusnya didapatkan kaum perempuan, selain itu juga memberikan pengetahuan tentang kesetaraan gender dan kedilan gender kepada kaum perempuan, perempuan desa juga dilatih advokasi data berbasis gender yang digunakan untuk pemantauan penerima manfaat bantuan perlindungan sosial pemerintah apakah sudah tepat sasaran atau tidak. (2) hasil dan dampak yang diperoleh perempuan desa adalah peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan desa yang mana banyak anggota sekolah perempuan yang sudah mampu dan berani untuk mengurus surat-surat penting ke Kabupaten Gresik sendiri, tingkat percaya diri yang tinggi dari anggota sekolah perempuan juga membuat mereka dapat membantu masyarakat sekitar yang miskin untuk memperoleh bantuan perlindungan sosial dari pemerintah seperti BPJS, KIS, dan lain sebagainya, dengan peningkatan kapasitas perempuan desa memberikan pengaruh bagi pembangunan daerah agar kesejahteraan suatu daerah tercapai maka dengan peran perempuan sangat dibutuhkan, hal ini sudah terwujud dengan adanya MUSRENBAG PEREMPUAN di Desa yang isinya tentang apa saja usulan-usulan dari kelompok perempuan desa berdasarkan permasalahan yang dirasakan selama ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dita, Kristiyantiditakristianti9@gmail.comI73216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulvirgie_ali@yahoo.com2018077602
Subjects: Pemberdayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Dita Kristiyanti
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:59
Last Modified: 08 Jan 2020 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38830

Actions (login required)

View Item View Item