Analisis multirepresentasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah Matematika berbasis Taksonomi Solo dibedakan dari kemampuan Matematika peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Husnia, Firda (2020) Analisis multirepresentasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah Matematika berbasis Taksonomi Solo dibedakan dari kemampuan Matematika peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Al Husnia_D04213010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Multirepresentasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis taksonomi SOLO adalah multirepresentasi yang dimunculkan dari peserta didik dalam menyelesaikan masalah di setiap tahapan penyelesaian masalah matematika. Jawaban peserta didik yang merespon masalah dalam bentuk representasi-representasi akan mampu berada di level teori taksonomi SOLO. Proses menyelesaikan masalah matematika menurut Polya memiliki tahapan-tahapan yang meliputi: (a) mengidentifikasi masalah, (b) merencanakan penyelesaian masalah, (c) melakukan rencana penyelesaian, (d) memeriksa kembali penyelesaian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan multirepresentasi yang muncul dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis taksonomi SOLO oleh peserta didik berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah enam peserta didik yang diambil dari peserta didik kelas VII-B di SMPN 1 Taman Sidoarjo pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 berdasarkan dokumentasi hasil belajar peserta didik terhadap materi Himpunan oleh guru mata pelajaran Matematika yang bersangkutan. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tugas tertulis multirepresentasi dan wawancara. Tugas tertulis dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator multirepresentasi dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis taksonomi SOLO. Berdasarkan tujuan penelitian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multirepresentasi peserta didik berkemampuan matematika tinggi antara lain representasi verbal, visual, dan ekspresi matematik sehingga peserta didik lebih banyak mampu berada pada level multistruktural dengan tingkatan tertinggi level multistruktural dan tingkatan terendah level unistruktural, multirepresentasi peserta didik berkemampuan matematika sedang antara lain representasi verbal dan visual sehingga peserta didik lebih banyak mampu berada pada level antara unistruktural dan multistruktural dengan tingkatan tertinggi level multistruktural dan tingkatan terenda level unistruktural, sedangkan multirepresentasi peserta didik berkemampuan matematika rendah antara lain representasi verbal dan visual sehingga lebih banyak mampu berada pada level unistruktural dengan tingkatan tertiggi multistruktural dan tingkatan terendah unistruktural.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Husnia, Firdaalhusniafirda@gmail.comD04213010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Firda Al Husnia
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:26
Last Modified: 09 Jan 2020 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38833

Actions (login required)

View Item View Item