Pengembangan pembelajaran matematika yang mengintegrasikan model treffinger dengan maratib qira'ah al-Qur'an untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farif, Alfin Zustanul (2019) Pengembangan pembelajaran matematika yang mengintegrasikan model treffinger dengan maratib qira'ah al-Qur'an untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfin Zustanul Farif_D74214026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran matematika yang mengintegrasikan model treffinger dengan maratib qira’ah al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. Pengembangan pembelajaran matematika yang dilakukan dengan menerapkan setiap produk hasil integrasi model treffinger dengan maratib qira’ah al-Qur’an berupa RPP, LKPD, dan soal tes literasi matematika yang telah divalidasi. Pembelajaran yang diterapkan dikatakan efektif dan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik.Tahapan penelitian yang digunakan dalam mengembangkan pembelajaran matematika ini menggunakan model Hannafin and Peck dengan langkah-langkah tiga fase yaitu analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan dan implementasi. Uji coba produk perangkat pembelajaran RPP, LKPD, dan soal tes literasi matematika dilakukan di kelas X IPA 4 di sekolah Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo yang terdiri dari 36 peserta didik menggunakan teknik one sample group pre-test post-test design.Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan. Pertama, hasil kevalidan masing-masing produk untuk RPP sebesar 4,36; LKPD sebesar 4,04; dan soal tes literasi matematika sebesar 4,34. Kedua, keefektifan pembelajaran berdasarkan analisis kemampuan guru mengelolah pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 3,45 dengan keterlaksanaan sintaks sebesar 93,75%, aktivitas peserta didik yang mengikuti KBM dengan baik sebesar 94,7%, respon rata-rata peserta didik menunjukkan kriteria positif sebesar 79,4%, dan hasil belajar peserta didik berdasarkan aspek keterampilan sebesar 100%. Ketiga, hasil peningkatan kemampuan literasi matematika peserta didik menggunakan analisis statistik SPSS v.16 dengan uji N-gain memperoleh peningkatan yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farif, Alfin Zustanulalfinzf15@gmail.comD74214026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, KusaeriUNSPECIFIED2007067202
Thesis advisorYudi, UsmanUNSPECIFIED2024016501
Subjects: Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: model treffinger; maratib qira’ah al-Qur’an; konsep integrasi; kemampuan literasi matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Alfin Zustanul Farif
Date Deposited: 08 Jan 2020 08:40
Last Modified: 08 Jan 2020 08:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38835

Actions (login required)

View Item View Item