Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Teori Gagnon Dan Collay

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indahsari, Mujiati Nur (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Teori Gagnon Dan Collay. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Mujiati Nur Indahsari_D34213043.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan sekumpulan media atau sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Perangkat pembelajaran juga termasuk salah satu wujud persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum melakukan proses pembelajaran. Dalam penelitian ini akan dikembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme teori Gagnon dan Collay. Tujuan peneliti ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan kevalidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme teori Gagnon dan Collay. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reesearch and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Plomp. Perangkat yang dikembangkan meliputi RPP dan LKPD. Uji coba dilakukan di SMP YPP Nurul Huda Surabaya kelas VIII C sebanyak 21 siswa pada tanggal 18 Desember 2019. Data dikumpulkan melalui validasi ahli dan angket .Penelitian ini dikatakan baik apabila perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.Data penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis sebagai berikut: pada proses pengembangan diperoleh data kurikulum yang diterapkan di SMP YPP Nurul Huda Surabaya adalah kurikulum 2013 dengan materi yang akan diajarkan adalah sistem persamaan linier dua variabel yang terdapat di kelas VIII semester 1. Data penelitian dianalisis dan memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Kevalidan RPP berkategori valid dengan rata-rata penilaian 4,28 dan kevalidan LKPD berkategori valid dengan rata-rata penilaian 4,21; 2) Masing-masing perangkat pembelajaran dinilai praktis dengan rata-rata penilaian B untuk RPP dan rata-rata penilaian B untuk LKPD. 3) Perangkat pembelajaran dinilai efektif, karena memenuhi kriteria rata-rata respon peserta didik memenuhi kriteria positif dengan rata-rata nilai 78,84%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indahsari, Mujiati Nurmujiatiindahsari2@gmail.comD34213043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Matematika
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran; pendekaan kontruktivisme; pendekatan konstruktivisme teori Gagnon dan Collay.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mujiati Nur Indahsari
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:40
Last Modified: 09 Jan 2020 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38844

Actions (login required)

View Item View Item