Studi analisis terhadap Sistem Jaminan Halal Produk Home Industry pada Kampung Abon di Padmosusastro Wonokromo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiawan, Arif Okfyoki (2019) Studi analisis terhadap Sistem Jaminan Halal Produk Home Industry pada Kampung Abon di Padmosusastro Wonokromo Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arif Okfyoki Istiawan_F12417319.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian yang dilakukan di Kampung Abon Padmosusastro Surabaya. Dalam penelitian ini ada dua rumusan masalah yang dikaji. (1) Bagaimana pelaksanaan sistem jaminan halal produk home industry pada Kampung Abon di Padmosusastro Wonokromo Surabaya? (2) Bagaimana kesesuaian sistem jaminan halal produk home industry pada Kampung Abon dengan sistem jaminan halal LPPOM MUI? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode ini dipilih agar data penelitian bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai pelaksanaan sistem jaminan halal di Kampung Abon dan kesesuain sistem jaminan halal pada LPPOM MUI. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara diskriptif analisis dengan pola berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan sistem jaminan halal home industry pada Kampung Abon di padmosusastro meliputi sebelas komponen Sistem Jaminan Halal diantaranya: Kebijakan Halal, Tim Manajemen Halal, Training dan Edukasi (Internal dan Ekternal), Bahan, Produk, Fasilitas Produksi, Prosedur Tertulis Aktivitas Kritis, Kemampuan Telusur, Penanganan Produk Yang Tidak Sesuai Kriteria, Audit Internal, Kaji Ulang Manajemen, telah dijalankan dengan baik sesuai dengan komitmen yang dibuat oleh pemilik usaha sesuai dengan ketentuan LPPOM MUI. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada pihak pemilik usaha diharapkan untuk konsisten dalam melaksanakan Sistem Jaminan Halal dengan baik selama proses pembelian bahan baku hingga proses produksi di perusahaan dan sampai ke tangan konsumen dengan kondisi yang layak dan baik untuk dikonsumsi. Selain itu pihak pemilik harus menjalankan komponen-komponen yang belum terlaksana seperti audit internal belum terlaksana dengan baik. Masalahnya audit internal pemilik usaha terkendala kurangnya menguasai teknik audit. Adapun kesesuaian standarisasi sistem jaminan halal LPPOM MUI bagi home industry belum sepenuhnya dilaksanakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiawan, Arif Okfyokiarifokfyoki@gmail.comF12417319
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Etika
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arif Okfyoki Istiawan
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:41
Last Modified: 09 Jan 2020 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38846

Actions (login required)

View Item View Item