Efektivitas pengelolaan anggaran Alokasi Dana Desa dalam meningkatkan pemberdayaan di Desa Turi Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudi, Eko (2019) Efektivitas pengelolaan anggaran Alokasi Dana Desa dalam meningkatkan pemberdayaan di Desa Turi Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eko wahyudi_G71215016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Pengelolaan Anggaran Alokasi Dana Desa Dalam Meningkatkan Pemberdayaan di Desa Turi, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan” ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana efektivitas dan dampak pengelolaan Alokasi Dana Desa terhadap pemberdayaan masyarakat di desa Turi Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan 2019. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu kepala desa, sekretaris desa, kepala urusan keuangan desa, tokoh masyarakat dan masyarakat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan Alokasi Dana Desa terdiri dari empat (4) tahap, yaitu penerimaan, perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban. Berdasarkan hasil penelitian tahapan penerimaan Alokasi Dana Desa sudah efektif karena mencakup azas adil dan azas merata. Pada tahapan pelaksanaan atas program kerja berupa pemberdayaan masyarakat sudah terealisasikan. Tahapan pertanggungjawaban berdasarkan hasil penelitian sudah efektif dengan adanya Surat Pertanggungjawaban dan sudah tersampaikan kepada inspektorat dengan tepat waktu serta sudah terlaksananya publikasi kepada masyarakat dalam bentuk papan pengumuman. Proses pengelolaan Alokasi Dana Desa sudah sesuai dengan teori dan peraturan daerah kabupaten Magetan Nomor 5 Tahun 2019 tentang Alokasi Dana Desa. Peneliti menyarankan kepada Pemerintah Desa Turi agar selalu melibatkan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan desa, karena dengan keterlibatan masyarakat maka akan menciptakan pemerintahan desa yang transaparan. Serta selalu memperbaiki sistem kepemerintahan yang baik dan jujur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudi, Ekowahyudieko684@gmail.comG71215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby CandraUNSPECIFIED201603311
Subjects: Ekonomi
Kesejahteraan Sosial
Masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Wahyudi Eko
Date Deposited: 09 Jan 2020 01:52
Last Modified: 09 Jan 2020 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38858

Actions (login required)

View Item View Item