Komodifikasi agama dalam iklan televisi Ramadhan: analisis semiotika terhadap iklan TV Ramayana edisi Ramadhan 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abadi, Hidayat Surya (2019) Komodifikasi agama dalam iklan televisi Ramadhan: analisis semiotika terhadap iklan TV Ramayana edisi Ramadhan 2017. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayat Surya Abadi_F02716158.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tumbuhnya industri pertelevisian di Indonesia, diikuti semakin variatifnya iklan komersial. Dua hal itu berkait dan memberikan keuntungan satu sama lain. Kini, iklan tidak lagi hanya menawarkan produk secara langsung, namun dikemas dalam berbagai cerita, yang bersumber dari cerminan budaya dan komunikasi sosial masyarakat. Dalam perkembangannya, muncul iklan televisi yang dibalut dengan konsep nilai sakral agama. Dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini berusaha mengungkap mitos dan ideologi yang dibangun dalam iklan komersial televisi. Peneliti mencoba menjelaskan hubungan antara penanda, petanda, dan tanda, dalam berbagai teks (audio visual), yang membentuk mitos dan konsep bangunan ideologi, hingga melanggengkan praktik komodifikasi agama. Penelitian ini difokuskan pada iklan televisi Ramadhan milik Ramayana department store tahun 2017, berjudul “bahagianya adalah bahagiaku”. Untuk memerkuat data penelitian, dilakukan wawancara dengan pembuat iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan, konsep semiotika yang bekerja pada proses penanda, petanda, dan tanda, menemukan mitos-mitos untuk melanggengkan sistem ideologi konsumtif dan kapitalisme, berbungkus nilai-nilai sakral ajaran agama. Konsep simulacrum, membuat iklan komersial berdurasi 3.15 menit itu, seolah merupakan sebuah kewajaran alamiah, dan masuk akal. Meski realitas yang dibangun dalam iklan tersebut, seringkali ambivalen dengan kehidupan nyata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abadi, Hidayat Suryasoeryamuhammad@gmail.comF02716158
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Moch. ChoirulIrul_rek@yahoo.co.id2017107102
Subjects: Iklan
Komunikasi Islam
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hidayat Surya Abadi
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:26
Last Modified: 14 Jan 2020 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38878

Actions (login required)

View Item View Item