Pengaruh Model Outdoor Learning Terhadap Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Di Mts Bumi Sholawat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prakoso, Mohammad Andree (2019) Pengaruh Model Outdoor Learning Terhadap Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Di Mts Bumi Sholawat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Andree Prakoso_D91215067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu peran guru sebagai motivator kepada peserta didik harus pula diikuti dengan pemahaman tentang model pembelajaran yang baik. Selain itu, agar pembelajaran tercapai sesuai dengan standar kompentensi, guru dituntut memiliki berbagai kompentensi yang dibutuhkan peserta didik, antara lain menguasai materi yang diajarkan dan mampu menggunakan model yang tepat. Salah satu model pembelajaran adalah model Outdoor Learning. Mengajar di luar kelas merupakan upaya membangun susana baru sebagai pemantik semangat peserta didik dan juga mengarahkan para peserta didik untuk melakukan aktivitas yang bisa membawa mereka pada perubahan perilaku terhadap lingkungan sekitar. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan yaitu: 1) Untuk mengetahui implementasi model Outdoor Learning di MTs Bumi Sholawat Sidoarjo, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar aqidah akhlak peserta didik di MTs Bumi Sholawat Sidoarjo, 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Outdoor Learning terhadap motivasi belajar aqidah akhlak peserta didik di MTs Bumi Sholawat Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kuantitatif. Dengan mengambil jumlah sempel populasi tidak mencapai 100 yaitu 45 peserta didik maka penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Lokasi penelitian bertempat di MTs Bumi Sholawat Sidoarjo, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa wawancara, angket dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Model Outdoor Learning yang telah diterapkan di MTs Bumi Sholawat yaitu pembelajaran yang dilakukan di luar kelas dengan melibatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, yang mana siswa dapat berinteraksi dan terlibat secara langsung dengan berbagai kegiatan yang ada baik yang telah direncanakan oleh guru maupun kegiatan yang baru peserta didik alami yang mana belum pernah peserta didik alami sebelumnya. 2) Motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik di MTs Bumi Sholawat sangatlah baik, sebagaimana pernyataan guru yang kesehariannya mengajar di MTs Bumi Sholawat. Hal tersebut juga dapat dilihat dari hasil analisis data angket yang menunjukkan nilai prosentase sebesar 88,5% yang didukung dengan perhitungan angka-angka, dan hasil nilai prosentase yang signifikan. 3) Terdapat pengaruh model outdoor learning terhadap motivasi belajar aqidah akhlak peserta didik di MTs Bumi Sholawat Sidoarjo. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi linier sederhana dilihat berdasarkan hasil analisis menunjukkan 0,885 bila diprosentasekan adalah 88,5% yang tergolong hubungan yang kuat. Hasil perhitungan R Square diketahui bahwa model outdoor learning mempengaruhi motivasi belajar aqidah akhlak peserta didik sebanyak 88,5% sedangkan sisanya 11,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Faktor-faktor lain yang memungkinkan motivasi belajar peserta didik adalah dari semangat dan niat kuat peserta didik untuk mencapai keinginan. Serta berdasarkan hasil yang diperoleh pada besarnya korelasi Signfikansi < 0,05 maka Ha diteima dan H0 ditolak, yang berarti Outdoor Learning berpegaruh terhadap Motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik di MTs Bumi Sholawat Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prakoso, Mohammad Andreeandree.prakoso45@gmail.comD91215067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Keywords: Outdoor Learning; Motivasi Belajar; Aqidah Akhlak; Peserta didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Andree Prakoso
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:33
Last Modified: 09 Jan 2020 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38884

Actions (login required)

View Item View Item