Sistem keamanan berbasis IoT menggunakan Depthstream Camera

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Barliena, Puntadewa Zaid (2019) Sistem keamanan berbasis IoT menggunakan Depthstream Camera. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puntadewa Zaid Barliena_H76216070.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sistem keamanan menggunakan kamera sudah banyak digunakan pada ruangan yang memiliki nilai penting bagi pemilik. Tetapi sistem ini mempunyai kelemahan yaitu terpengaruh oleh cahaya. Penelitian ini mengembangkan sistem keamanan berbasis IoT menggunakan depthstream camera karena sifatnya yang tidak terpengaruh terhadap cahaya. Sistem yang dikembangkan dibatasi oleh jarak sorot maksimal sesuai spesifikasi depthstream camera, perangkat IoT mengunakan Raspberry Pi dan jaringan yang sama untuk memicu alarm menggunakan konsep IoT. Hasil dari percobaan yang dilakukan dengan mendeteksi objek atau gerakan pada jarak 1 hingga 2 meter menunjukkan keberhasilan mencapai 100%, sedangkan untuk jarak 3 hingga 3,5 meter menunjukkan kegagalan mencapai 100%. Percobaan selanjutnya deteksi objek dengan intensitas cahaya 0 hingga 13 skala candela, menunjukkan depthstream camera dapat mendeteksi dengan baik. Percobaan selanjutnya deteksi objek melalui pantulan cermin, didapatkan keberhasilan mencapai 56% dengan margin error 44%. Didapatkan kesimpulan bahwa kinect dapat mendeteksi objek secara langsung dan memicu alarm menggunakan IoT secara baik pada jarak 1 hingga 2 meter dengan tingkat intensitas cahaya 0-13 candela.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Barliena, Puntadewa Zaidqueststarz@gmail.comH76216070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Puntadewa Zaid Barliena
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:47
Last Modified: 09 Jan 2020 06:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38890

Actions (login required)

View Item View Item