Sistem Informasi Penjualan dengan Rekomendasi Promosi Product Bundling menggunakan Algorita Frequent Pattern-Growth

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syailendra, Muhammad Gusti (2019) Sistem Informasi Penjualan dengan Rekomendasi Promosi Product Bundling menggunakan Algorita Frequent Pattern-Growth. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Gusti Syailendra_H76215035.pdf

Download (5MB)

Abstract

Di tengah persaingan yang ketat, para pelaku usaha membutuhkan strategi-strategi yang mampu meningkatkan pertumbuhan usahanya. Pembangunan sistem informasi penjualan yang mampu menghasilkan rekomendasi dapat dipandang sebagai jawaban. Selain mampu mempermudah segala proses bisnis yang berlaku, sistem tersebut juga dapat merumuskan rekomendasi strategis. Salah satu rekomendasi strategis yang berdampak baik terhadap minat beli konsumen dan mampu meningkatkan penjualan adalah skema promosi product bundling. Adapun perumusan product bundling dapat dilakukan dengan menerapkan algoritma data mining association rules, yakni Frequent Pattern-Growth (FP-Growth). FP-Growth bertujuan untuk menemukan kombinasi item yang paling sering muncul pada sekumpulan data transaksi/dataset. Berdasarkan skema pengujian yang telah dilakukan, akurasi dari implementasi algoritma FP-Growth mampu mencapi 83% hingga 100%. Persentase minimum support yang direkomendasikan agar mencapai tingkat akurasi tersebut sebesar 5%, sedangkan pada minimum confidence, nilai yang direkomendasikan sebesar 10% hingga 60%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syailendra, Muhammad Gustigustishit11@gmail.comH76215035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, AhmadUNSPECIFIED2020019001
Thesis advisorRolliawati, DwiUNSPECIFIED2027097901
Subjects: Jual Beli
Tehnik Informatika
Teknologi > Teknologi Informasi
Informasi
Keywords: Sistem Informasi Penjualan; Promosi; FP-Growth; Product Bundling; Association Rules.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Muhammad Gusti Syailendra
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:59
Last Modified: 09 Jan 2020 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38896

Actions (login required)

View Item View Item