Konsep etos kerja wirausaha Pondok Pesantren Majma'al Bahrain di Ploso Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarak, Muhammad Akhlil (2019) Konsep etos kerja wirausaha Pondok Pesantren Majma'al Bahrain di Ploso Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Akhlil Mubarak_A92214108.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Konsep Etos Kerja Pondok Pesantren Majmal Al-Bahrain Shiddiqiyyah Di Ploso Jombang”. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana konsep dan nilai etos kerja dalam Tarekat Shiddiqiyyah? 2) bagaimana aktualisasi etos kerja kaum Tarekat Shiddiqiyyah di Ploso Jombang? 3) bagaimana rasionalitas etos kerja kaum Tarekat Shiddiqiyyah dalam mencari harta? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode sejarah. Adapaun metode penulisan sejarah yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan beberapa langkah yaitu heuristik (mengumpulkan data-data terkait etos kerja Tarekat Shiddiqiyyah), verifikasi (kritik terhadap data), interpretasi (penafsiran)serta historiografi (penulisan sejarah). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis dan sosiologi dengan menggunakan teori Continuty and change dan teori The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) konsep etos kerja kaum Tarekat Shiddiqiyyah meyakini bahwa kerja keras merupakan suatu ibadah dan jihad. Di samping kerja keras ada kekuatan lain yang mendukung seseorang sukses dalam bekerja seperti doa, amalan-amalan, dan lain-lain. Semua itu dilakukan dengan prinsip “Atas Berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa”. Sedangkan nilai yang terkandung dalam etos kerja Tarekat Shiddiqiyyah terdapat nilai bekerja, nilai shilaturrahmi, nilai gotong royong, dan nilai spiritual. 2) Fenomena etos kerja kaum Tarekat Shiddiqiyyah pada awal terbentuknya tahun 1959 hingga 1970 tidak begitu tampak. Namun pada perkembangannya fenomena etos kerja begitu tampak pada tahun 1970 hingga sekarang. Hal tersebut dibuktikan dengan berdirinya uasaha-usaha seperti air meniral Maqoo, majalah Al-Kautsar, Rokok sehat tentrem, lembaga pendidikan, hotel, rumah makan dan lain sebagainya. Dari sini dapat dilihat bahwa terdapat etos kerja yang tinggi yang terdapat pada warga Tarekat Shiddiqiyyah di Ploso Jombang. 3) Rasionalitas etos kerja kaum Tarekat Shiddiqiyyah dalam mencari harta terdapat tiga poin yaitu, pertama, makna bekerja sebagai ibadah dan jihad merupakan makna dari manifestasi ajaran Islam yang terkandung dalam al-Qur’an dan Hadits. Kedua, makna doa sebagai kekuatan spiritual merupakan salah satu ajaran dan amalan Tarekat Shiddiqiyyah yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehar-hari khususnya dalam mencari harta. ketiga, makna harta sebagai jalan mendapatkan berkah merupakan jalan yang digunakan untuk mendapatkan berkah melaui harta yang didapat dalam bekerja, karena harta terdapat makna ganda yang bukan hanya sebagai penunjang ekonomi saja, tetapi juga terdapat makna spritual, makna sosial, makna budaya dan makna dakwah didalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarak, Muhammad Akhlilakhliltolek@gmail.comA92214108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzay_74@yahoo.co.id2012086901
Subjects: Etos Kerja
Wirausaha
Keywords: Etos kerja; wirausaha; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Akhlil Mubarak
Date Deposited: 09 Jan 2020 08:30
Last Modified: 09 Jan 2020 08:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38908

Actions (login required)

View Item View Item