Profil literasi kuantitatif dalam menyelesaikan soal Pisa Konten Change and Relationship berdasarkan kemampuan Matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Ashbahani FR, Achnaf (2019) Profil literasi kuantitatif dalam menyelesaikan soal Pisa Konten Change and Relationship berdasarkan kemampuan Matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achnaf Al Ashbahani FR_D94213101.pdf

Download (3MB)

Abstract

Literasi kuantitatif merupakan pengetahuan dan keterampilan individu untuk membaca, menulis, menghitung, mengkomunikasikan, dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi kuantitatif siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten Change and Relationship materi aljabar ditinjau dari kemampuan matematika siswa yaitu kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas XI MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes literasi kuantitatif dan wawancara. Untuk menguji kredibilitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini diperoleh bahwa literasi kuantitatif siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi dalam kemampuan asumsi masih tergolong sedang, sedangkan kemampuan interpretasi, representasi, kalkulasi, analisis, dan komunikasi siswa sudah tergolong tinggi. Literasi kuantitatif siswa yang mempunyai kemampuan matematika sedang pada kemampuan kalkulasi, analisis dan komunikasi tergolong tinggi, namun kemampuan asumsi siswa masih tergolong rendah. Literasi kuantitatif subjek siswa yang mempunyai kemampuan matematika rendah pada kemampuan kalkulasi dn analisis berada pada tingkatan sedang, siswa dengan kemampuan matematika rendah memiliki kemampuan interpretasi, representasi, asumsi, dan komunikasi berada pada tingkat rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Ashbahani FR, Achnafachnafalashbahani@gmail.comD94213101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: achnaf al ashbahani fr
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:22
Last Modified: 10 Jan 2020 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38914

Actions (login required)

View Item View Item