Persaingan Soft Power antara Turki dan Arab Saudi dalam kasus tewasnya jurnalis Jamal Kashoggi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haidar, Dewangga Farros (2019) Persaingan Soft Power antara Turki dan Arab Saudi dalam kasus tewasnya jurnalis Jamal Kashoggi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewangga Farros Haidar_I02216004.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persaingan soft power antara Turki dan Arab Saudi sebagai negara yang paling berpengaruh di Timur Tengah. Tewasnya Jamal Kashoggi adalah pelanggaran HAM yang telah mencoreng citra Arab Saudi dan Putra Mahkota Mohammad Bin Salman memberikan dampak pada persaingan kedua negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif dengan metode penelusuran data online, wawancara dan dokumenter. Konsep soft power menurut Joseph Nye dalam sistem internasional digunakan untuk menganalisis persaingan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa persaingan sebelum dan setelah tewasnya Jurnalis Jamal Kashoggi didapatkan oleh Turki. Berdasarkan konsep soft power Joseph Nye: Pertama, Turki memiliki sejarah kebudayaan yang lebih kuat dan proyeksi kebudayaan Turki dilakukan secara masif melalui saluran TV, berupa film-film drama, kebeberapa negara khususnya Timur Tengah. Kedua, Nilai-nilai politik Turki sebagai negara demokratis dan Islamis dengan figur Erdogan sebagai pemimpin menjadi contoh bagi negara Islam lainnya. Ketiga, Kebijakan luar negeri Arab Saudi yang tidak populer bagi negaranegara Islam semakin melemahkan posisinya dibanding Turki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haidar, Dewangga Farrosdewangga.farros@gmail.comI02216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzaky.politikislam@gmail.com2030128201
Subjects: Politik
Hak Asasi Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Dewangga Farros
Date Deposited: 13 Jan 2020 01:31
Last Modified: 13 Jan 2020 01:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38917

Actions (login required)

View Item View Item