Pengaruh penurunan Tarif Pajak, kesadaran Wajib Pajak, dan modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faisal, Ahmad (2019) Pengaruh penurunan Tarif Pajak, kesadaran Wajib Pajak, dan modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Faisal_G72215027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Penurunan Tarif Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penurunan tarif pajak dari 1% menjadi 0,5%, kesadaran wajib pajak dan modernisasi sistem adminisrasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang sesuai data dispendukcapil surabaya tahun 2018. Ukuran sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan didapat sampel sebesar 271 responden. Taknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling incidental. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada wajib pajak UMKM di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penurunan tarif pajak, kesadaran wajib pajak, dan modernisasi sistem administrasi perpajakan memiliki pengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Nilai signifikan ditunjukkan dari nilai signifikan penurunan tarif pajak = 0,000, kesadaran wajib pajak = 0,006, dan modernisasi sistem administrasi perpajakan = 0,000. Nilai signifikan pada uji simultan yaitu 0,000. Diharapkan dengan penurunan tarif pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan, dan kesdaran masyarakat akan pentingnya pajak bagi negara dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faisal, Ahmadfaisalfiscal@gmail.comG72215027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imambuchenanina@gmail.com2026096801
Subjects: Akuntansi
Pajak dan Perpajakan
Keywords: Tarif pajak; wajib pajak; sistem administrasi perpajakan; kepatuhan wajib pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Faisal Ahmad
Date Deposited: 13 Jan 2020 02:55
Last Modified: 13 Jan 2020 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38920

Actions (login required)

View Item View Item