Penerapan Absensi Berbasis Sistem Barcode dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widayanti, Anas Tasia Erna (2019) Penerapan Absensi Berbasis Sistem Barcode dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anas Tasia Erna Widayanti_D03216002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan absensi berbasis sistem barcode di Madrasah Aliyah Nurul Huda Sedati Sidoarjo, mendeskripsikan upaya meningkatkan kedisiplinan siswa dan mendeskripsikan penerapan absensi berbasis sistem barcode dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Absensi berbasis sistem barcode akan mempermudah dalam pencatatan kehadiran siswa serta dapat memonitoring jam kedatangan siswa dan pembuatan laporan presensi siswa. Selain itu absensi berbasis sistem barcode memungkinkan data tidak dapat dimanipulasi dan bisa berjalan dengan efektif serta efisien. (2) Salah satu upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda yaitu dengan cara memonitoring kedisiplinan siswa dalam jam kehadiran di sekolah. Selain itu guru bertindak tegas kepada siswa yang tidak disiplin dengan memberikan sanksi berupa menulis Asmaul Husna dan membaca Al-Quran serta membersihkan dan menyirami tanaman. (3) Dengan penerapan absensi berbasis sistem barcode kehadiran siswa dapat dimonitoring dengan baik. Oleh karena itu, sistem ini akan dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam kehadirannya di madrasah. Siswa tidak bisa memanipulasi data, sehingga guru dapat segera menindak lanjuti siswa yang terlambat dan memberi sanksi agar siswa mendapat efek jera. Sehingga dengan diterapkannya sistem ini siswa dapat meningkatkan kedisiplinannya dalam kehadiran di madrasah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widayanti, Anas Tasia Ernaanastasyaerna31@gmail.comD03216002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Widayanti Anas Tasia Erna
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:11
Last Modified: 10 Jan 2020 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38923

Actions (login required)

View Item View Item