Praktik penyelesaian Pembiayaan Macet dengan Akad Qardh pada IB Hasanah Card di BNI Syariah KCP Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Luthfia (2019) Praktik penyelesaian Pembiayaan Macet dengan Akad Qardh pada IB Hasanah Card di BNI Syariah KCP Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luthfia Ulfa_C72213136.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis mengambil judul “Penyelesaian Pembiayaan Macet dengan Akad Qard} pada IB Hasanah Card Berdasarkan Hukum Islam Di BNI Syariah KCP Madiun”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana pembiayaan macet dengan akad Qard} pada IB Hasanah Card di BNI Syariah KCP Madiun? (2) bagaimana penyelesaian pembiayaan macet dengan akad Qard} pada IB Hasanah Card di BNI Syariah KCP Madiun?serta (3) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian pembiayaan macet dengan akad Qard} pada IB Hasanah Card di Bank BNI Syariah KCP Madiun? Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; Pertama, upaya yang dilakukan oleh Bank BNI Syariah KCP Madiun adalah menyelesaikan pembiayaan macet di antaranya yaitu Preventif (Pencegahan) dan Kuratif (Penyelesaian). Kedua, BNI Syariah KCP Madiun dalam penerapan akad qard kurang sesuai sesuai dengan prinsip akad menurut hukum Islam atau Fatwa DSN NO: 19/DSN-MUI/IV2001 karena meskipun sumbangan dari nasabah bersifat sukarela, akan tetapi dari awal akad sudah ditentukan bahwa ada sumbangan sukarela. Hal ini tidak disebutkan dalam Fatwa DSN NO: 19/DSN-MUI/IV2001. Ketiga, dalam penyelesaiannya di mana biaya tadwid} atau denda keterlambatan yang kurang sesuai dengan prinsip syariah, di mana dalam fatwa NO: 54/DSNMUI/ X/2006 Ganti rugi (Ta’wid}) hanya boleh dikenakan atas pihak yang dengan sengaja atau karena kelalaian melakukan sesuatu yang menyimpang dari ketentuan akad dan menimbulkan kerugian pada pihak lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, LuthfiaUlurhfia@gmail.comC72213136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChoiroh, Ifa Mutitulifachoiroh@gmail.com2030047902
Subjects: Hukum Ekonomi
Keywords: Akad qard; pembiayaan macet
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Luthfia Ulfa
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:25
Last Modified: 13 Jan 2020 04:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38955

Actions (login required)

View Item View Item