Gerakan lingkungan Kaum Muda NU: studi tentang pemikiran dan aksi Gerakan Sosial Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam/ FNKSDA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murtadho, Ali (2019) Gerakan lingkungan Kaum Muda NU: studi tentang pemikiran dan aksi Gerakan Sosial Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam/ FNKSDA. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ali Murtadho_F53416008.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang gerakan social kaum muda NU kultural. Subjek penelitian ini adalah Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam (FNKSDA). Gerakan FNKSDA muncul untuk merespon kondisi krisis sosial-ekologis akibat dari perkembangan industri kapitalisme ekstraktif di Indonesia. Industri kapitalisme ekstraktif ini mengancam ruang hidup masyarakat. Krisis sosial-ekologis itu akibat dari sebuah sistem ekonomi-politik kapitalisme neoliberal. Gerakan FNKSDA, di kalangan warga NU merupakan sebuah fenomena baru. Penelitian ini memfokuskan pada persoalan tersebut. Studi ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi. Ada tiga pertanyaan penelitian yang dirumuskan dalam studi ini. Pertama, apa landasan berfikir aktivis FNKSDA dalam melakukan gerakan lingkungan? Kedua, bagaimana pemaknaan sumber daya alam (SDA) yang berdaulat dalam pemikiran aktivis FNKSDA? Ketiga, bagaimana pola aksi gerakan lingkungan yang dilakukan aktivis FNKSDA di Jawa Timur dalam mengusung isu lingkungan dan sumber daya alam (SDA)? Studi ini menggunakan metode penelitian, yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode analisis data. Penelitian ini dilandasi oleh teori gerakan sosial serta pandangan Islam tentang lingkungan juga sumber daya alam. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, aktivis FNKSDA adalah santri yang memiliki pandangan progresif. Para santri progresif ini memahami tentang latar pengetahuan ekonomi-politik pada persoalan krisis sosial-ekologis. Pengetahuan dan kesadaran itu, mereka gunakan untuk menggelorakan semangat resolusi jihad jilid II, yaitu mempertahankan tanah air dari rongrongan kapitalisme ekstraktif. Bentuk perlawanan ini adalah penetrasi gerakan progresif terhadap kapitalisme ekstraktif yang merusak lingkungan, SDA serta mengakibatkan krisis sosial-ekologis. Gerakan ini dilandasi oleh spirit ruh Islam progresif, nilai-nilai Ahlussunah Waljama’ah Nahdlatul Ulama (NU), juga menggunakan alat analisis sosial paradigma “Kiri”. Ideologi gerakan FNKSDA adalah “Aswaja Progresif”. Aswaja Progresif dalam gerakan sosial ini berkaitan dengan lingkungan dan sumber daya alam. Kedua, tata milik, tata guna, dan tata kelola sumber daya alam (SDA) yang berdaulat dalam pandangan FNKSDA bahwa semua potensi sumber daya alam yang ada di Indonesia sejatinya digunakan untuk kepentingan masyarakat. Tugas negara adalah melindungi kepentingan masyarakat. Ketiga, pola gerakan lingkungan FNKSDA di Jawa Timur menggunakan pola segi tiga jejaring silaturahmi. Temuan disertasi ini adalah gerakan sosial yang didasarkan atas dorongan teologis dapat memunculkan gerakan lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murtadho, Alialimurtadho79@yahoo.co.idF53416008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037101
Thesis advisorFuad, Nur Fuadahmadnurfuad@yahoo.com2011116401
Subjects: Islam > Islam, Pembaharuan
Sosiologi > Sosiologi Agama
Islam dan Kapitalisme
Divisions: Program Doktor > Studi Islam
Depositing User: Ali Murtadho
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:13
Last Modified: 14 Jan 2020 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38970

Actions (login required)

View Item View Item