Aliran dan paradigma pemikiran pendidikan agama Islam kontemporer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusydiyah, Evi Fatimatur (2019) Aliran dan paradigma pemikiran pendidikan agama Islam kontemporer. Sunan Ampel Press, Surabaya. ISBN 978-602-332-116-2

[img] Text
Evi Fatimatur Rusydiyah_Aliran dan Paradigma Pemikiran Pendidikan Agama Islam Kontemporer.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38973

Abstract

Buku ini disajikan dengan mengkalisifikasikan aliran dan paradigma pendidikan Agama Islam berdasarkan tiga kategori- sasi. Kategori-kategori tersebut adalah Akademik-Skolastik, Religius-Theistik, dan Sosial-Politik. Ketiga kategori tesebut sebagai akibat dari corak atau pengaruh dari agama dan aliran- aliran filsafat yang menjadi background dari para penulis. Kategori akademik skolastik dipengaruhi oleh dua aliran besar yaitu Tradisional yang terdiri dari aliran perennialisme, idealisme, essensialisme, realisme dan aliran progressif yang terdiri dari eksistensialisme, progressivisme, dan rekonstruk- sionisme. Sedangkan religius theistik dipengaruhi oleh ajaran-ajaran Islam. Adapun aliran sosial-politik dipangaruhi oleh faham Humanisme, nasionalisme, liberalisme, Sekularisme, Fasisme, dan Sosialisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusydiyah, Evi Fatimaturevi_fatimatur@yahoo.com2027127301
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pemikiran
Keywords: Aliran Pendidikan Agama Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Jan 2020 08:32
Last Modified: 13 Jan 2020 08:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38973

Actions (login required)

View Item View Item