Penggunaan Buku Lancar Membaca Menuis Indah (LMMI) dalam praktik membaca Suku Kata Kelompok A di Taman Kanak-kanak Mi'atul Hasanah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardlatillah, Ummiya (2019) Penggunaan Buku Lancar Membaca Menuis Indah (LMMI) dalam praktik membaca Suku Kata Kelompok A di Taman Kanak-kanak Mi'atul Hasanah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummiya Mardlatillah_D08215015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelompok A TK Mi'atul Hasanah Sidoarjo, karena buku yang digunakan dalam praktik pembelajaran membaca suku kata anak kelompok A memiliki kesamaan prinsip belajar anak. Prinsip tersebut adalah, anak belajar tanpa paksaan, dan anak bisa belajar melalui pembiasaan namun dapat memberikan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana penggunaan buku LMMI dalam praktik membaca suku pada anak kelompok A di TK Mi'atul Hasanah Sidoarjo, bagaimana kemampuan membaca suku kata pada anak kelompok A di TK Mi'atul Hasanah Sidoarjo, Serta apa kelemahan dan kelebihan penggunaan buku LMMI dalam praktik membaca suku kata pada anak kelompok A di TK Mi'atul Hasanah Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis field reaserch (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan data pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan yakni analisis data kualitatif Miles dan Huberman yang mana prosesnya pertama adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku LMMI digunakan dalam kegiatan membaca individu di dalam kelas, dimana anak diminta membaca satu-persatu dengan disimak oleh guru. Kemampuan membaca suku kata anak kelompok A di lembaga ini, bisa dikatakan cukup baik, dimana dari 33 siswa terdapat 2 siswa yang sudah berkembang sangat baik, 28 siswa sudah berkembang sesuai harapan, dan selebihnya mulai berkembang. Kelemahan penggunaan buku LMMI ini adalah, membutuhkan waktu yang lama untuk menguasainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardlatillah, Ummiyaredmi8025@gmail.comD08215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2005076701
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Menulis
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ummiya Mardlatillah Husnul
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:12
Last Modified: 14 Jan 2020 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38981

Actions (login required)

View Item View Item