Sistem pendukung keputusan penentuan perkembangan peserta didik menggunakan Metode Fuzzy Inference System

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pradana, Moch. Oxie Naufal (2019) Sistem pendukung keputusan penentuan perkembangan peserta didik menggunakan Metode Fuzzy Inference System. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Oxie Naufal Pradana_H06215009.pdf

Download (5MB)

Abstract

Taman kanak kanak(TK) merupakan bagian dari Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD), yang bertujuan agar peserta didik mempunyai kesiapan untuk ke jenjang pendidikan pertama(SD). Penelitian ini membahas mengenai penentuan perkembangan peserta didik. Laporan perkembangan peserta didik pada TK berisi narasi singkat yang menggunakan tulis tangan disetiap aspek perkembangan. Hal ini menyebabkan tidak semua pencapaian perkembangan diketahui baik dan tepat oleh orangtua. Sehingga dibuatlah suatu Sistem Pendukung Keputusan(SPK) yang dapat menggambarkan pencapaian pada aspek perkembangan dan juga menghasilkan rekomendasi, apakah peserta didik tersebut sudah atau belum siap masuk ke jenjang SD. Sistem ini melalui perhitungan berdasarkan bobot semua aspek perkembangan menggunakan metode Fuzzy Inference System(FIS)-Sugeno. Penelitian ini menggunakan objek TK Khazanah untuk pengembangan SPK. Hasil pengujian accuration mendapatkan nilai 90% dan pengujian sistem menggunakan black box mendapatkan kesesuaian sebesar 100%. Dengan sistem penentuan perkembangan peserta didik ini dapat meringankan orangtua untuk memaksimalkan dalam stimulasi kelemahan pada anaknya sebelum masuk SD.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pradana, Moch. Oxie Naufalmochoxienaufalp@gmail.comH06215009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Moch. Oxie Naufal Pradana
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:19
Last Modified: 14 Jan 2020 06:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38994

Actions (login required)

View Item View Item