منهج تعليم اللغة العربية على المستوى الابتدائي في معهد الإصلاح لامونجان ومعهد المنورة لامونجان: دراسة مقارنة

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hudzaifi, Ahmad (2019) منهج تعليم اللغة العربية على المستوى الابتدائي في معهد الإصلاح لامونجان ومعهد المنورة لامونجان: دراسة مقارنة. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Hudzaifi_F02617187.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah di laksanakan di pondok al-islah lamongan dan pondok al-munawwaroh adalah penelitian yang membahas tentang: 1- kurikulum pengajaran bahasa arab untuk tingkatan pemula di masing-masing pondok, 2- cara penerapan dari unsur-unsur kurikulum di dalam pengajaran bahasa arab di masing-masing pondok, 3- membahas tentang kelebihan dan kekurangannya di dalam membandingkan kurikulum tersebut, 4- memberikan catatan atau masukan dari perbandingan kedua kurikulum di dalam pengajaran bahasa arab. penelitian ini berfokus pada 4 unsur kurikulum, yaitu tujuan kurikulum pengajaran bahasa arab, materi ajar bahasa arab, metode pengajaran bahasa arab, serta beberapa evaluasi di dalam proses pengajaran bahasa arab. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dengan memberikan pemaparan atau gambaran tentang 4 unsur kurikulum pengajaran bahasa arab di masing-masing pondok. Peneliti ini mengumpulkan data dengan 3 metode ,yaitu interview, mulahadzoh al-maidaniyyah, dan pengumpulan dokumen-dokumen. Adapun Populasi yang di jadikan objek oleh peneliti adalah 20 siswa dari kelas 7 pondok al-islah dan 16 siswa dari kelas 7 pondok al-munawwaroh. Adapun hasil penelitian ini berupa pemaparan dari 4 unsur kurikulum (tujuan pengajaran bahasa arab, cakupan materi ajar, metode pengajaran, serta evaluasi pengajaran bahasa arab). Yaitu Adanya kesamaan di dalam: 1- tujuan pengajaran bahasa arab yang sama–sama memiliki fokus di dalam penguasaan empat keterampilan berbahasa, yaitu: keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis, 2- metode pengajaran bahasa arab yaitu dengan menggunakan metode qowaid dan tarjamah, dan 3- dan evaluasi pengajaran bahasa arab yang sama. adapun dari sisi perbedaannya adalah dalam cakupan materi ajar bahasa arab. Pondok al-munawwaroh mengajarkan semua Materinya di dalam 1 tahun pelajaran yang di tempuh setiap pertemuannya 45 menit, sedangkan pondok al-islah mengajarkan 17 materi yang ada di dalam kitab bahasa arab selama 1 tahun pelajaran yang di tempuh setiap pertemuannya 60 menit. Adapun bahan ajar dari cakupan materi bahasa arab adalah sama-sama menggunakan kitab durusullugho karya imam zarkasyi dan imam syubani yang di terbitkan oleh percetakan Darussalam gontor dengan muatan 25 judul materi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hudzaifi, Ahmadhudzaifiahmad267@gmail.comF02617187
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasaruddin, Nasaruddinnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Kurikulum Pengajaran Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ahmad hudzaifi ahmad hudzaifi
Date Deposited: 05 Feb 2020 02:12
Last Modified: 05 Feb 2020 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39003

Actions (login required)

View Item View Item