Analisis hukum Islam terhadap praktik Wanprestasi pada perjanjian pinjam-meminjam di Koperasi Wanita Sejahtera Desa Prasung Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Fitrotul (2019) Analisis hukum Islam terhadap praktik Wanprestasi pada perjanjian pinjam-meminjam di Koperasi Wanita Sejahtera Desa Prasung Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitrotul Ula_C92216101.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah sebagai berikut: 1) bagaimana praktek wanprestasi pada perjanjian pinjam meminjam di Koperasi Wanita Sejahtera Desa Prasung Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo? 2) bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik wanprestasi pada perjanjian pinjam meminjam di Koperasi Wanita Sejahtera Desa Prasung Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo? Peneliti menggunakan analisa kualitatif, yaitu penelitian yang memberikan data secara deskriptif yang dapat diamati di lapangan. Kemudian, penggunaan pola pikir deduktif yang berpijak pada teori lalu dikemukakan berdasarkan fakta bersifat khusus. Hasil penelitian menunjukkan terdapat anggota koperasi yaitu 13 orang yang melakukan wanprestasi sejak tahun 2016 sampai sekarang. Akibatnya koperasi mengalami kerugian berupa tidak dapat meminjamkan uang untuk anggota koperasi dan anggota koperasi lain tidak dapat meminjam uang, karena modal belum kembali. Analisis hukum Islam terhadap praktik wanprestasi pada perjanjian pinjam meminjam di Koperasi Wanita Sejahtera Desa Prasung adalah akad qard yang dilakukan oleh koperasi sebagai muqrid dan anggota koperasi sebagai muqtarid. Konsep hukum wanprestasi menurut hukum Islam adalah jika anggota koperasi melanggar isi perjanjian yang telah disepakati, sehingga anggota koperasi yang melakukan wanprestasi wajib mengembalikan hutang yang belum dibayar. Saran kepada anggota koperasi untuk menaati peraturan yang ada dengan mengembalikan uang yang dipinjamkan secara tepat waktu. Bagi pengurus Koperasi Wanita Sejahtera Desa Prasung menganalisa dan memaksimalkan pengawasan pengajuan pinjam-meminjam anggota koperasi yang memiliki iktikad baik dan kemampuan mengembalikan pembiayaan. Landasan yang dapat digunakan seperti analisis kredit 5C yaitu Character (watak), Capacity (kemampuan), Capital (modal), Collateral (jaminan) dan Condition of economi (kondisi ekonomi). Prinsip kehati-hatian dilakukan secara cermat terhadap pemberian pinjaman kepada anggota koperasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Fitrotulfitrotulula2017@gmail.comC92216101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abd.abdhadi@uinsby.ac.id2018115501
Subjects: Hukum Ekonomi
Koperasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: fitrotul ula ula
Date Deposited: 16 Jan 2020 08:08
Last Modified: 16 Jan 2020 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39039

Actions (login required)

View Item View Item