Akurasi arah kiblat Masjid Agung Sidoarjo: studi analisis dengan acuan metode Hisab Vincenty

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Churotin, Nurizzah (2019) Akurasi arah kiblat Masjid Agung Sidoarjo: studi analisis dengan acuan metode Hisab Vincenty. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurizzah Churotin_C98215028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Akurasi Arah Kiblat Masjid Agung Sidoarjo (Studi Analisis dengan Acuan Metode Hisab Vincenty)”. Adapun permasalahan yang diangkat tentang bagaimana metode penentuan arah kiblat Masjid Agung Sidoarjo dan bagaimana akurasi arah kiblat Masjid Agung Sidoarjo. Metode Penelitian yang digunakan ialah metode penelitian lapangan (field research). Data-data yang dikumpulkan meliputi informasi umum Masjid Agung Sidoarjo, metode penentuan arah kiblat Masjid dan arah kiblat Masjid sekarang ini melalui teknik penggalian data observasi, wawancara, dan studi dokumen yang bersumber dari takmir Masjid dan dokumen Masjid. Kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif untuk memaparkan subyek penentu, metode hisab, dan metode pengukuran yang digunakan dalam menentukan arah kiblat Masjid dan teknik verifikatif untuk memverifikasi selisih arah kiblat Masjid yang ada sekarang dengan arah kiblat Masjid yang akurat berdasarkan metode hisab vincenty dan metode pengukuran azimut dengan alat bantu theodolite dan GPS. Berdasarkan hasil penelitian: pertama, metode penentuan arah kiblat Masjid Agung Sidoarjo tidak diketahui, karena tidak terdokumentasi dengan baik. Hingga saat ini, belum pernah dilakukan pengukuran ulang arah kiblat dan penyempurnaan bangunan yang ada sekarang tetap meneruskan arah bangunan pada awal mula berdirinya Masjid; kedua, Fakta azimut arah kiblat Masjid Agung Sidoarjo sebesar 284˚ 19' 39.88" sedangkan, arah kiblat Masjid yang seharusnya sebesar 293˚ 57' 35.4" berdasarkan metode hisab vincenty dan 294˚ 37'15.79" berdasarkan metode ras{d al-qiblah lokal. Dari kedua metode tersebut selisih arah kiblat Masjid sebesar 09˚ 17' 35.91" sampai dengan 10˚ 07' 28.82 kurang ke Utara. Perbedaan tersebut disebabkan penggunaan fungsi trigonometri yang mana pembuatan segitiga terlalu kecil dapat mempersulit penentuan nilai sisi segitiga dalam skala milimeter. Kepada Takmir Masjid Agung Sidoarjo, disarankan untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan guna menyelaraskan arah kiblat yang sekarang ini dengan arah kiblat yang seharusnya berdasarkan hisab arah kiblat metode vincenty pada penelitian ini dengan metode pengukuran azimut menggunakan alat bantu theodolite dan GPS. Kepada masyarakat umum yang akan membangun masjid baru, disarankan melakukan pengukuran arah kiblat dengan akurat dan cermat terlebih dahulu, baik oleh para ahli falak atau melalui lembaga yang dapat mengeluarkan sertifikat kiblat seperti Lembaga Falakkiyah NU atau Lembaga Tarjih dan Tajdid Muhammdiyah di masing-masing wilayah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Churotin, Nurizzahnurizzahchurotin@gmail.comC98215028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhazin, A. Muftiamuftikhazinfaza@gmail.com2013037301
Subjects: Astronomi
Keywords: Arah kiblat; Masjid Agung Sidoarjo; metode Hisab Vincenty
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Nurizzah Churotin
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:19
Last Modified: 17 Jan 2020 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39055

Actions (login required)

View Item View Item