Pembelajaran Bahasa Asing menurut Al-Qur’an dan kontekstualisasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jauhar, Nasaruddin Idris (2018) Pembelajaran Bahasa Asing menurut Al-Qur’an dan kontekstualisasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital. In: Seminar Nasional Literasi Bahasa dan Sastra Asing III 2018, 6 September 2018, Hotel Grasia Semarang.

[img] Text
Nasaruddin_Pembelajaran Bahasa Asing menurut Al-Qur’an.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39056

Abstract

Makalah ini mengupas konsep pembelajaran bahasa asing menurut al-Qur’an dan kontekstualisasinya dalam pembelajaran bahasa Arab di era digital melalui tiga poin pembahasan: konsep pembelajaran bahasa asing menurut al-qur’an, pembelajaran bahasa asing di era digital, dan kontekstualisasi pembelajaran bahasa arab menurut al-Qur’an di era digital. Konsep pembelajaran bahasa asing dielaborasi melalui interpretasi linguistik pedagogik atas makna yang tersirat dalam surat al-Hujurat ayat 13 yang menekankan bahwa manusia di satu sisi diciptakan dengan bahasa yang berbeda-beda, namun di sisi lain dianjurkan untuk saling mengenal dan berinteraksi. Pembelajaran bahasa asing di era digital dielaborasi melalui konfersi diskriptif langkah-langkah pembelajaran di era digital ke dalam prinsip pembelajaran bahasa asing. Sementara konsep pembelajaran bahasa Arab di era digital menurut al-Qur’an dirumuskan melalui pemaduan antara konsep pembelajaran bahasa asing menurut al-Qur’an dan kecenderungan pembelajaran di era digital yang meliputi orientasi pembelajaran bahasa Arab, motivasi pembelajarannya, tujuan pembelajarannya, materi pembelajarannya, metode dan model pembelajarannya, media pembelajarannya, serta evaluasi pembelajarannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jauhar, Nasaruddin Idrisnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., ...
Subjects: Kesusastraan
Keywords: Pembelajaran Bahasa Asing; Pembelajaran Bahasa Arab; Era Digital
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2020 08:06
Last Modified: 17 Jan 2020 08:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39056

Actions (login required)

View Item View Item