Pengaruh madzhab terhadap penafsiran ayat-ayat hukum surat Al Baqarah dalam kitab Tafsir Mafatih Al Ghaib karya Imam Fakhr Al Din Al Razy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imamuddin, Syaiful Imam Bin (2019) Pengaruh madzhab terhadap penafsiran ayat-ayat hukum surat Al Baqarah dalam kitab Tafsir Mafatih Al Ghaib karya Imam Fakhr Al Din Al Razy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaiful Imam Bin Imamuddin_F12517347.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39072

Abstract

Tafsir Ayat-ayat hukum merupakan salah satu corak dari beragam corak penafsiran Al-Qur’an, di mana corak ini lebih memfokuskan pada penafsiran ayat ayat Al Qur,an yang berpotensi menjadi dasar hukum fiqih, sebagaimana ayat ayat hukum di maknai sebagai Ayat-Ayat Al-Qur,an yang berisikan rangkaian tentang perintah dan larangan ,atau masalah masalah fiqih lainnya. Untuk mengetahui penafsiran ayat-ayat hukum menurut Fakhr al din Al-Razy dalam Tafsir Mafatih{ al-Ghaib. Peneliti merujuk kepada teks-teks dari karya-karyanya. Oleh karenanya digunakan tehnik analisis isi (Content analysis), yakni sebuah metode penelitian yang digunakan melalui pemaknaan kata atau pesan yang terdapat dalam dokumen. Peneliti meneliti tesis ini pada salah satu bagian dari ilmu tafsir , yaitu tafsir ayat- ayat hukum atau tafsir fiqhi, dan tafsir ayat -ayat hukum ini mempunyai fase yang jelas di dalam menjelaskan makna makna Al-Qur’an dan hukum hukumnya yang menjadi dasar hukum hukum islam dalam mengatur kehidupan orang islam dalam hubungan nya dengan tuhan NYA. Ketika ulama pakar ushul mengatakan bahwa sumber pertama dalam hukum islam adadalah al qur’an, maka mereka mengklaim bahwasanya al qur,an adalah asal sedangkan lainnya adalah mengikuti saja, karena mereka meneliti tentang asal atau kaidah kaidah dalam istinbat hukum dari sumbernya. Peneliti sampai pada suatu kesimpulan Penelitian dengan beberapa poin di antaranya : bahwasanya ayat ayat hukum mempunyai fase yang sangat besar dalam menjelaskan hukum hukum syariat islam, begitu juga para fuqaha’ mempunyai perhatian lebih kepada ayat ayat hukum yang menjadi sumber dari sumber fiqih islami. Begitu juga imam al -Razy sungguh terpengaruh ( memiliki kecendrungan) pada madhhab madhhab fiqih dalam menafsirkan ayat ayat hukum sekiranya beliau terpengaruh kepada madhhab shafi,i dan juga terpengaruh kepada madhhab lainnya, dan sebagai dari saran saran peneliti bahwasanya, diharuskan untuk mempunyai perhatian lebih kepada ayat -ayat hukum , karena akan membantu para pelajar untuk bisa memahami hukum hukum syariat sari sumbernya langsung, dan mengetahui pendapat mufassir dalam penafsiran ayat hukum tersebut. dan membawa masalah masalah fiqih dalam kitab tafsir kepada kitab kitab fiqih. Hal itu bertujuan untuk memperbaiki kekeliruan dan kesalahan yang di temukan dalam kitab tafsir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imamuddin, Syaiful Imam Binsyaiful.imamkarim@gmail.comF12517347
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abd.alidoktaf@gmail.com2002026501
Subjects: Hukum Islam
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Madzhab; ayat-ayat hukum; surat Al Baqarah
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:48
Last Modified: 28 Jan 2020 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39072

Actions (login required)

View Item View Item