Analisis kepatuhan Nasabah Pembiayaan Musyarakah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro di BMT An Nur Rewwin Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Dyah Ayu Susanti (2019) Analisis kepatuhan Nasabah Pembiayaan Musyarakah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro di BMT An Nur Rewwin Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyah Ayu Susanti Maghfiroh_G74215136.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39083

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Kepatuhan Nasabah Pembiayaan Musyarakah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro di BMT An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo” merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana kepatuhan nasabah pada pembiayaan musyarakah dalam pemberdayaan usaha mikro di BMT An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi langsung dengan narasumber. Narasumber pada penelitian ini adalah Direktur dan Dewan Pengawas Syariah BMT An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo dan nasabah pembiayaan musyarakah yang memiliki usaha mikro. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepatuhan BMT An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo dan nasabah kepada peraturan DSN-MUI tentang pembiayaan musyarakah masih sesuai. Dari dua puluh poin yang dijabarkan dalam peraturan DSN-MUI, hanya lima poin yang tidak sesuai. Sedangkan dalam pemberdayaan usaha mikro oleh BMT An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo kepada nasabah, BMT An-Nur Rewwin menggunakan langkah-langkah yaitu berupa bantuan modal, mengembangkan jiwa kewirausahaan, peningkatan pengetahuan teknis, perbaikan manajemen, dan juga pemantauan usaha. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan BMT An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo lebih tegas kepada nasabah pembiayaan musyarakah yang menunggak. Dengan begitu, BMT An-Nur Rewwin Waru Sidoarjo dapat maksimal dalam melaksanakan pemberdayaan terhadap usaha mikro nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Dyah Ayu Susantififi25697@gmail.comG74215136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Wirausaha
Keywords: Kepatuhan; Pembiayaan Musyarakah; Pemberdayaan Usaha Mikro
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2020 04:35
Last Modified: 29 Jan 2020 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39083

Actions (login required)

View Item View Item