Konsep pendidikan Islam berbasis karakter perspektif Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakdullah, Moh. Alaika (2019) Konsep pendidikan Islam berbasis karakter perspektif Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Alaika Sakdullah_F02316061.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39085

Abstract

Penelitian ini mengadakan refleksi historis terhadap pemikiran tokoh. Refleksi sejarah ini bertopang pada ungkapan bahwa sejarah itu mengandung kekuatan yang dapat menimbulkan dinamisme dan melahirkan nilai-nilai baru bagi pertumbuhan serta perkembangan kehidupan manusia. Pemikiran dua tokoh ini tentang pendidikan Islam berbasis karakter perlu ditelisik lebih lanjut melalui berbagai sumber kajian yang telah mendokumentasikan berbagai produk arah pemikiran yang telah diwacanakan oleh kedua tokoh tersebut dalam karya tulis yang ada. Pemikiran tokoh ini perlu dikaji dan diteliti guna mengetahui lebih dalam buah hasil dari pemikiran keduanya. Kedua tokoh tersebut menjadi sosok dan tokoh besar dalam masanya, banyak karya dan jasa yang telah dihasilkan sehingga banyak kalangan yang menjadikan keduanya sebagai rujukan dalam menyelesaikan permasalahan aktual saat ini, termasuk dalam bidang pendidikan Islam. Untuk mengetahui Pendidikan Islam Berbasis Karakter Perspektif dua tokoh, yakni Abdurrahman Wahid dan Nurchokish Madjid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian library research (penelitian pustaka). Studi teks menurut Noeng Muhadjir mencakup; Pertama, telaah teoritik atau disiplin ilmu yang perlu dilanjutkan secara empirik untuk memperoleh kebenaran secara empirik pula. Kedua, studi yang berupaya mempelajari seluruh subtansi objek penelitian secara filosofis atau teoritik dan terkait dengan validitas. Ketiga, studi yang berupaya mempelajari teori linguistik. Keempat, adalah studi sastra. Dengan kata lain Penelitian ini banyak menggunakan sumber dari dokumen tertulis dalam proses pengumpulan datanya. Data didapat dengan penelusuran sumber-sumber berupa buku-buku, jurnal, dan majalah. Di samping itu juga penulis menggunakan penelusuran melalui situs internet dan diskusi yang terkait dengan kajian tesis ini, juga mencatat sumber-sumber yang digunakan penelitian sebelumnya. Penelitian ini juga termasuk dalam kategori penelitian historis-faktual karena meneliti tokoh dan pemikirannya. Penelusuran sejarah pemikiran pendidikan dikalangan umat Islam memang amat diperlukan. Karena hal ini setidaknya bisa mengingatkan kembali khazanah intelektual yang pernah dimiliki oleh uma islam dimasa lalu. Kesadaran historis ini pada gilirannya akan memelihara kesinambungan atau kontinuitas keilmuan khususnya dalam kajian tentang pendidikan Islam. Dengan demikian, pengembangan pemikiran pendidikan Islam yang ada sekarang ini tidak harus tercerabut dari akar historisnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakdullah, Moh. Alaikaalexhastasa@gmail.comF02316061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatus@yahoo.com2021036901
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan Islam Berbasis Karakter; Abdurrahman Wahid; Nurcholish Madjid
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2020 07:04
Last Modified: 17 Mar 2020 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39085

Actions (login required)

View Item View Item