Pengembangan life skill santri di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri dan Al Hidayah Sidoarjo: perspektif entrepreneurship Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Nihro (2019) Pengembangan life skill santri di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri dan Al Hidayah Sidoarjo: perspektif entrepreneurship Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nihro Afandi_F02417138.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39098

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pengembangan life skill santri santri di pon-pes Mukmin Mandiri dan Al-Hidayah Sidoarjo, yaitu : 1) Lembaga pondok pesantren adalah agen sosial dapam pandangan kecakapan personal (personal skill) yang mencakup kecakapan mengenal diri (self awareness) dan kecakapan berpikir rasional. 2) sebagai pondok pesantren yang konsen mengembangkan life skill kewairausahaan kepada santri, melihat potensi santri berbeda-beda dalam membina karakter harus menggunakan metode yang kreatif dan inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengoptimalkan hasil dari kreatifitas santri untuk belajar entrepreneurship Islam melalui lembaga pondok pesantren Mukmin Mandiri dan Al-Hidayah Sidoarjo pesantren melakukan beberapa hal: pertama, diintenalisasikan dalam setiap kegiatan-kegiatan melalui penanaman pendidikan life skill yang dilaksanakan oleh pondok pesantren (aplikatif). Kedua, penekanan dengan sistem pendidikan atau pengajaran (teoritis). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui seperti apa pengambangan life skill santri di lingkup pondok pesantren terutama dalam mengoptimalkan peran lembaga pondok pesantren. Data yang telah terhimpun kemudian diolah dan dianalisis dengan pola pikir deskriptif-kualitatif. Saran dari adanya penelitian ini adalah: Pertama, pendampingan kepada santri yang dilakukan setiap hari harus lebih intens dan menanyakan kepada santri apabila usaha mereka yang dikelola menurun dengan melakukan pendekatan persuasif. Yang kedua, peneliti mempunyai harapan akan pondok pesantren dalam menerapkan pengembangan life skill kepada santri sehingga nantinya usaha usaha yang berada dilingkup pondok pesantren bisa berkembang dan masyarakat terbantu dengan adanya lembaga pondok pesantren yang menerapkan pengembangan life skill ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Nihronofalready93@gmail.comF02417138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, Iskandariskaniskandarritonga999@gmail.com2015066502
Subjects: Pesantren
Wirausaha
Keywords: Life skill; pondok pesantren; Mukmin Mandiri; entrepreneurship Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:54
Last Modified: 03 Feb 2020 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39098

Actions (login required)

View Item View Item