PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO (RISK MANAGEMENT) UNTUK MEMINIMALKAN KREDIT BERMASALAH PADA BANK JATIM CABANG BONDOWOSO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochimah, A’yunur (2014) PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO (RISK MANAGEMENT) UNTUK MEMINIMALKAN KREDIT BERMASALAH PADA BANK JATIM CABANG BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Pokok masalah yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah: Bagaimanakah implementasi manajemen risiko untuk meminimalkan kredit bermasalah pada Bank Jatim Cabang Bondowoso dan faktor-faktor apa saja penyebab terjadinya kredit bermasalah pada Bank Jatim Cabang Bondowoso.
Dengan mengambil objek Bank Jatim Cabang Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metodelogi mix methods (kualitatif dan kuantitatif). Data kualitatif diperoleh dengan melakukan wawancara kepada beberapa karyawan bagian kredit Bank Jatim Cabang Bondowoso, observasi non-partisipan dan dokumentasi tentang implementasi manajemen risiko untuk meminimalkan kredit bermasalah pada Bank Jatim Cabang Bondowoso. Pelaksanaan analisis data kualitatif dilakukan peneliti ketika dan setelah melakukan pengumpulan data. Analisis data ini dilakukan dengan melakukan coding pada transkip wawancara.Sedangkan data Kuantitatif diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 122 nasabah kredit bermasalah pada Bank Jatim Cabang Bondowoso. Terdapat enam variabel independen yang digunakan untuk mengetahui pengaruh terhadapa variabel dependen [kredit bermasalah (Y)], variabel independen tersebut antara lain: tingkat suku bunga (X1), kolektibilitas (X2), prosedur pembiayaan kredit (X3), karakter nasabah (X4), usaha nasabah (X5) dan jaminan (X6). Analisis data dialkukan dengan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16 for Windows.
Dalam penelitian ini disimpulkan: Pertama, Implementasi manajemen risiko pada Bank Jatim Cabang Bondowoso terbilang cukup baik dan sesuai dengan kebijakan dan aturan yang berlaku (BPP kredit dan manejemen risiko). Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji Z dimana 3 variabel (intern) penyebab kredit bermasalah (tingkat suku bunga, kolektibilitas, dan prosedur pemberian kredit) merupakan variabel yang tidak signifikan terhadap penyebab kredit bermasalah. Kedua, Faktor-faktor penyebab terjadinya kredit bermasalah pada Bank Jatim Cabang Bondowoso terdiri dari karakter nasabah (X4), usaha nasabah (X5) dan jaminan (X6). Namun yang paling dominan adalah karakter nasabah (X4). Hal ini sesuai dengan hasil wawancara yang dilakukan peneliti kepada staf kredit bermasalah yang menyatakan bahwa penyebab kredit bermasalah pada Bank Jatim Cabang Bondowoso mayoritas disebabkan karakter nasabah yang negatif dan usaha nasabah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Ahsan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochimah, A’yunurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Keywords: Manajemen Risiko; Kredit Bermasalah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2015 02:22
Last Modified: 24 Feb 2016 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item View Item