Pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam Terpadu Model Integrated terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam Kelas V di SDIT At Taqwa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

As'ad, Moh. (2010) Pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam Terpadu Model Integrated terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam Kelas V di SDIT At Taqwa Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. As'ad_D21206272.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39130

Abstract

Skripsi ini bertujuan unruk menjelaskan dan menjawab bagaimana penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam terpadu model integrated, bagaimana prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam, bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam terpadu model integrated terhadap pestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam kelas V di SDIT At­ taqwa Surabaya. Skripsi ini adalah hasil penelitian kuantitatif, sehingga data yang digunakan adalah data kuantitatif. Mengingat jumlah siswa kelas V SDIT At-taqwa Surabaya tahun 2009-2010 adalah 41 siswa maka skripsi ini menggunakan penelitian populasi. Sedangkan untuk Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interview, Observasi, Angket dan Dokumentasi. Setelah datadata itu disajikan, kemudian dianalisis dengan tehnik prosentase, rata­rata, dan Product Moment, didapatkan kesimpulan: Pertama, Bahwa penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam terpadu model integrated pada bidang studi pendidikan agama Islam kelas V di SDIT At-taqwa Surabaya setelah dilakukan observasi adalah termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap guru bidang studi PAI dan aktifitas siswa dalam menerapan pembelajaran pendidikan agama Islam terpadu model integrated di kelas dalam lima kali pertemuan diperoleh rata-rata 3,22 dan 3,17 dan juga terbukti dari hasil prosentase responden diperoleh mean (rata-rata) sebesar 68,58% dengan kategori cukup. Kedua, prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam kelas V di SDIT At-taqwa adalah baik, dengan hasil prosentase responden diperoleh rata-rata sebesar 77,1%. Ketiga, Adanya pengaruh penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam terpadu model integrated terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI kelas V SDIT At-Taqwa Surabaya tergolong tinggi, karena nilai rxy sebesar 0,719 berada antara 0,70-0,90. Dikarenakan keterbatasan peneliti, maka diperlukan pengkajian lebih lanjut oleh peneliti-peneliti lain. Terutama mengenai model-model pembelajaran terpadu yang bisa diterapkan pada bidang studi pendidikan agama Islam, mengingat dalam pembelajaran terpadu selain model integrated terdapat pula model-model pembelajaran yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
As'ad, Moh.--D21206272
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Pembelajaran pendidikan agama Islam; pendidikan agama Islam Terpadu; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:48
Last Modified: 18 Feb 2020 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39130

Actions (login required)

View Item View Item