Relevansi Paradigma Epistemologi Pendidikan Islam dengan sistem pendidikan di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafit, Abdul (2010) Relevansi Paradigma Epistemologi Pendidikan Islam dengan sistem pendidikan di Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Hafit_D01303213.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39135

Abstract

Aktualisasi paradigma epistemologi pendidikan Islam dianggap urgen mengingat fakta pendidikan Islam saat ini telah banyak mengaJami "infeksi" dari ideologi lain. Oleh karena itu, kajian ini dimaksudkan untuk mengembalikan pendidikan Islam pada orisinalitas epistemologisnya, sekaligus mengupayakan untuk mensterilkan kembali pengaruh-pengaruh ideologi lain yang merancukan epistemologi pendidikan Islam. Berkenaan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan mengangkat judul Relevansi Paradigma Epistemologi Pendidikan Islam dengan Sistem Pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh jawaban tentang bagaimana paradigma epistemologi pendidikan Islam sebagai sebuah bangunan ilmu pengetahuan dan sistem pendidikan di Indonesia, serta berupaya mencari relevansi paradigma epistemologi pendidikan Islam dengan sistem pendidikan di Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumenter dan data- datanya diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder yaitu berupa tulisan-tulisan tentang epistimologi pendidikan Islam dan sistem pendidikan nasional. Setelah data-data terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menganalisa data tersebut dengan menggunakan metode deskriptif analitis kritis dan metode komparatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, maka diperoleh beberapa temuan yang berdasarkan rumusan masalah bahwa: (a) Paradigma epistemologi pendidikan Islam adalah kerangka konseptual tentang pendidikan Islam sebagai sebuah bangunan ilmu pengetahuan yang di daJamnya mengkaji bagaimana cara mengetahui serta mempelajari asal-usul pendidikan Islam, hakikat, sasaran dan metode membangun pendidikan Islam serta bagaimana kebenaran pendidikan Islam; (b) Sistem pendidikan di Indonesia adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional; (c) Paradigma epistemologi pendidikan Islam dengan sistem pendidikan di Indonesia memiliki relevansi, artinya di antara keduanya tidak terdapat perbedaan yang prinsipil dan substansial. Meskipun terdapat perbedaan, namun masih bisa ditarik sisi kesamaannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafit, Abdul--D01303213
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanany, Abd. Chayyi----
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Epistemologi Pendidikan Islam; Sistem Pendidikan di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:24
Last Modified: 19 Feb 2020 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39135

Actions (login required)

View Item View Item