Implemetasi strategi pembelajaran dengan Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fiqih di MA Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maskhuriyah, Maskhuriyah (2010) Implemetasi strategi pembelajaran dengan Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fiqih di MA Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maskhuriyah_D21206288.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39138

Abstract

Mencatat merupakan salah satu ketermpilan menulis yang sangat penting. Dengan mencatat dapat mengingatkan kita kepada hal-hal yang sudah dilewati atau dipelajari. Alasan pertama untuk mencatat ataupun membuat catatan adalah bahwa mencatat meningkatkan daya ingat. Kebanyakan diri kita mengingat dengan sangat baik ketika kita menuliskannya. Tanpa mencatat dan mengulanginya, kebanyakan siswa hanya mampu mengingat sebagian kecil materi yang mereka baca atau dengar kemarin. Pencatatan yang efektif dapat menghemat waktu. Sebagaimana kita ketahui bahwa metode ataupun strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Proses belajar yang dilakukan siswa juga beragam yaitu: menulis, mendengarkan, memahami, berbicara atau membaca teks bacaan pelajaran. Strategi catatan terbimbing (guided note taking) merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif dari sekian banyak strategi yang diterapkan. Strategi catatan terbimbing (guided note taking) merupakan strategi dimana seorang guru mempersiapkan handout atau lembaran dan mengintrusksikan siswa untuk membuat catatan sewaktu guru mengajar. Contoh yang paling sederhana ialah dengan mengisi bagian-bagian yang kosong pada handout atau lembar yang diberikan guru. Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif non eksperimen yang mana peneliti berusaha mendeskripsikan dan menginterprestasikan apa yang ada, dalam kaitan dengan penelitian pada skripsi ini akan dijelaskan implementasi strategi pembelajaran dengan catatan terbimbing pada pembelajaran fiqih di MA Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo, yang mana strategi belajar tersebut telah di implementasikan oleh objek penelitian tepatnya pada siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi catatan terbimbing (guided note taking) dilaksanakan secara variati f, terarah dan sistematis. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkanhasil analisa data observasi dan interview. Artinya, Implementasi strategi pembelajaran dengan catatan terbimbing di MA Islamiyah di terapkan dengan terarah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maskhuriyah, Maskhuriyah--D21206288
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Abd.prof.abdharis@yahoo.com2021106201
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi pembelajaran; Catatan Terbimbing; Guided Note Taking
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2020 07:12
Last Modified: 19 Feb 2020 09:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39138

Actions (login required)

View Item View Item