Konstruksi Ontologis term Hizb Allah dan Hizb al Shaytan: studi analisis Semiotika Ferdinand de Saussure

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Insyiroh, Lailatul (2020) Konstruksi Ontologis term Hizb Allah dan Hizb al Shaytan: studi analisis Semiotika Ferdinand de Saussure. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Insyiroh_E21215065.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39139

Abstract

Dewasa ini persoalan mengenai yang baik dan buruk, haq dan batil seringkali menjadi topik yang cukup menarik untuk diangkat. Penulis memfokuskan objek kajian terhadap konstruksi ontologis dari term Hizb Allah dan Hizb al-Shaytan. Hizb Allah dan Hizb al-Shaytan menjadi dua kelompok yang sering kita jumpai dalam kehidupan bermasyarakat, baik itu, dunia pendidikan, bisnis, maupun jasa. Penelitian ini akan menjawab masalah sebagai berikut: (1) bagaimana konstruksi ontologis term hizb Allah dan hizb al-shaytan, (2) bagaimana analisis semiotika Ferdinand de Saussure dalam term hizb Allah dan hizb al-shaytan. Teori semiotika Saussure menjadi pisau analisis yang dirasa tepat untuk mengkaji bagaimana ontologi term hizb Allah dan hizb al-shaytan serta bagaimana makna yang tercipta melalui metode langue-parole dan signifiant-signifie menurut Saussure. Hasil dari penelitian ini antara lain: (1)Secara ontologi dapat diketahui bahwa hizb Allah adalah kelompok yang dalam mengerjakan segala perbuatan dengan niat dan tujuan semata-mata karena Allah dan mengikuti tuntunan Rasulullah SAW. Sedangkan hizb al-shaytan adalah kelompok yang dalam mengerjakan segala perbuatan selalu diniatkan selain kepada Allah dan cenderung tidak sesuai dengan tuntunan Rasulullah. (2)Terdapat pergeseran makna di antara term Hizb Allah dan Hizb al-Shaytan. jika dahulu kedua term ini merujuk pada dua kelompok yang berbeda agamanya (Islam dan Yahudi) yang tentunya dengan karakter yang berbeda. Akan tetapi sekarang ini kedua term ini mengarah pada dua kelompok yang bisa saja berasal dari agama yang sama dengan karakter yang berbeda. Pada prinsipnya kedua term ini tidak memiliki perbedaan makna, hanya saja konteks dan implementasinya yang membuat makna dua term ini berbeda antara dulu dan sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Insyiroh, Lailatullailatul.insyiroh18@gmail.comE21215065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
TeacherMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwahiduddin@gmail.com2026118001
Subjects: Linguistik
Keywords: Hizb Allah; Hizb al Shaytan; Ontologi; Semiotika
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2020 04:32
Last Modified: 20 Feb 2020 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39139

Actions (login required)

View Item View Item